Sukses

Alergi Menjadi Lebih Buruk karena Kesalahan Kecil 19 Desember 2019

Alergi tak kunjung sembuh setelah temui dokter, bisa jadi Anda melakukan kesalahan-kesalahan kecil yang tanpa disadari dapat membuat alergi Anda menjadi lebih buruk.

Liputan6.com, Jakarta Alergi adalah reaksi sistem kekebalan tubuh manusia terhadap benda tertentu, seperti jamur, debu, keadaan udara, dan sebagainya. Biasanya alergi menyebabkan gejala-gejala seperti, bersin, mata berair, batuk, dan gejala alergi lainnya.

Alergi tak kunjung sembuh setelah menemui dokter, mungkin saja karena Anda melakukan kesalahan-kesalahan kecil tanpa disadari dapat membuat alergi menjadi lebih buruk. Berikut ini mungkin yang menjadi kesalahan-kesalahan kecil Anda, seperti:

1. Tidak mandi Setelah Beraktivitas di Luar Rumah

Seperti yang dilansir dari Everyday Health, ketika Anda menghabiskan waktu yang banyak di luar, terutama jika Anda berolahraga sebaiknya mandi terlebih dahulu setelah Anda masuk ke dalam rumah untuk menghindari gejala alergi," kata profesor penyakit dalam dan direktur alergi serta imunologi di Fakultas Kedokteran Wake Forest University, di Calironia Utara, Amerika Serikat.

2. Hindari Klorin dan Parfum yang Kuat

Bau seperti klorin dari kolam renang dan parfum yang kuat dapat mengiritasi saluran udara dan paru-paru hidung sehingga dapat membuat Anda batuk. Iritan seperti parfum dan pewarna dalam produk kosmetik dan pembersih dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit yang dikenal sebagai dermatitis kontak. Hal ini dapat menyebabkan ruam dan gatal yang akan membuat gejala alergi terasa lebih buruk.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Tidur dengan Hewan Peliharaan

Berdasarkan lansiran dari Health, "Walaupun Anda tidak memiliki alergi terhadap hewan, hewan peliharan Anda dapat membawa debu, jamur, dan alergen lainnya dari luar," kata direktur Divisi Alergi dan Imunologi di Montefiore Medical Center di Bronx, New York, Amerika Serikat, David Rosenstreich, M.D. Oleh karena itu, hindari hewan peliharaan Anda dari tempat tidur.

"Kamar tidur Anda pada dasarnya harus bebas dari zona alergi," kata dr. Rosenstreich. Dia juga menambahkan bahwa Anda lebih baik tidur di lantai atau hanya menggunakan satu dan dua karpet yang bisa Anda cuci secara berkala.

4. Berasumsi Bahwa Burung Tidak Menyebabkan Alergi Menjadi Lebih Buruk

"Seekor burung besar dapat menyebabkan banyak masalah bagi banyak orang dan seringkali mereka tidak akan menyadarinya karena alergi membutuhkan waktu yang lama untuk berkembang," kata dr. Rosenstreich. Ahli alergi juga mengatakan agar Anda tidak hidup dengan hewan jika Anda alergi terhadapnya.

3 dari 3 halaman

5. Tumpukan Boneka Berbulu

Jika anak Anda memiliki tumpukan boneka yang berbulu halus lebih baik Anda menyimpannya atau menyumbangkan kepada badan amal. Menurut dr. Rosenstreich, cara yang terbaik adalah membatasi anak-anak dalam memiliki boneka yang berbulu halus dan dapat dicuci secara berkala.

6. EpiPen Anda Kedaluwarsa

Jika Anda memiliki epiPen, pastikan untuk memeriksa tanggal kedaluwarsa setiap tahun. Meletakkan epiPen di mobil juga membuatnya kurang efektif karena terkena suhu mobil.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.