Tak Cuma Redakan Mual, Ini 5 Khasiat Lain dari Jahe

Oleh Liputan6com pada 19 Des 2019, 06:00 WIB
Diperbarui 19 Des 2019, 06:00 WIB
Jahe

Liputan6.com, Jakarta Jahe merupakan tanaman yang dijadikan rempah-rempah untuk menambah cita rasa makanan ataupun minuman menjadi lezat. Selain itu, jahe dapat dijadikan sebagai bahan utama dari obat-obat tradisional.

Jahe mungkin sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia bahkan luar negeri karena memiliki berbagai manfaat kesehatan. Berikut ini adalah manfaat jahe untuk kesehatan tubuh Anda:

1. Meredakan Mual

"Penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat mengatasi mual akibat perjalanan, kehamilan, bahkan kemoterapi," kata salah satu pendiri Appetite for Health, Julie Upton, R.D seperti dikutip laman Health. 

Sebuah penelitian di Thailand menunjukkan bahwa jahe bekerja dengan baik sama seperti dimenhydrinate, bahan aktif dalam obat mabuk perjalanan.

2. Baik untuk Pencernaan

Selain itu, jahe dapat membantu meringankan gas dan masalah pencernaan lainnya.

"Jahe terbukti meningkatkan pengosongan lambung, artinya makanan lebih cepat meninggalkan lambung untuk mengurangi kemungkinan gangguan pencernaan," kata ahli nutrisi, Maya Feller.

2 dari 4 halaman

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan Pencernaan
Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan Pencernaan

Menurut Feller, Jahe memiliki anti-inflamasi dan terbukti mengurangi nyeri otot serta mengurangi komplikasi dari diabetes.

"Jahe juga efektif dalam menurunkan kolesterol jahan dan mengurangi oksidasi sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Membantu Melawan Infeksi

Jus jahe dapat menjadi pilihan yang lebih baik ketika merasakan masuk angin karena senyawa aktif yang dikandungnya dapat membantu Anda melawan virus. Studi lab yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology menemukan bahwa jahe melawan virus pernapasan manusia yang merupakan penyebab umum infeksi saluran pernapasan.

3 dari 4 halaman

5. Minimalisasi Kram Menstruasi

Sebuah studi di Iran yang diterbitkan dalam Journal of Alternative dan Complementary Medicine menemukan bahwa jahe sama efektifnya dengan ibuprofen, obat yang digunakan untuk meredakan nyeri dan peradangan.

6. Melawan Peradangan

"Jahe memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan," kata ahli nutrisi, Keri Gans.

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak jahe dapat mengurangi kekakuan dan rasa sakit pada orang yang mengidap osteoartritis, kondisi di mana sendi-sendi terasa sakit.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik berikut:

Lanjutkan Membaca ↓