Sukses

Cek Fakta Kesehatan: Minum Sambil Berdiri Bikin Lebih Cepat Kencing?

Bagi sebagian orang awam, ada yang melarang minum sambil berdiri karena bisa membuat bikin cepat buang air kecil.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang tua yang menyarankan minum air dilakukan sambil duduk. Bila minum sambil berdiri katanya pamali, lalu ada juga yang mengatakan jadi lebih cepat kencing.

Mau tak mau banyak orang yang menurut kata orang tua yakni minum air harus dalam posisi duduk. Namun, apakah benar minum sambil berdiri membuat seseorang jadi langsung kebelet buang air kecil?

Dalam sebuah acara beberapa waktu lalu dokter spesialis gizi klinik Nurul Ratna Mutu Manikam mengungkapkan bahwa tidak perlu mempercayai bahwa minum sambil berdiri bisa membuat langsung buang air kecil.

"Jadi apa itu mitos? Iya, mitos," kata Nurul dalam sebuah acara yang digelar di Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Proses kerja air dalam tubuh

Wanita yang aktif di Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini mengungkapkan bahwa saat seseorang minum, sesudah melewati mulut dan kerongkngan, air akan memasuki lambung. Lalu, akan berada di situ selama kurang lebih setengah jam.

Terkait seseorang yang merasakan ingin buang air kecil usai minum air bisa jadi karena sebelumnya sudah banyak minum air. Kemungkinan lainnya faktor otot-otot di kandung kemih sudah kurang baik sehingga kebetulan saat minum sambil berdiri dia merasa ingin buang air kecil lagi.

"Dan, mungkin otot di kandung kemihnya sudah kurang baik ya. Jadi, dia ingin kencing lagi," kata Nurul.

Lalu, posisi seperti apa yang berbahaya dilakukan saat minum?

"Kalau lagi tidur, bisa tersedak," tuturnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.