5 Strategi Bangkit dari Rasa Sedih Usai Putus Cinta

Oleh Liputan6.com pada 16 Des 2019, 22:00 WIB
Diperbarui 18 Des 2019, 20:13 WIB
Putus Cinta

Liputan6.com, Jakarta Saat putus cinta, perasaan sedih bisa datang berhari-hari, berminggu-minggu, atau bahkan berbulan-bulan. Rasa-rasanya ingin sekali move on tapi terasa sulit.

Menurut profesor psikologi Gary Lewandowski, butuh waktu tiga bulan untuk merasa lebih baik usai putus cinta. Hal itu diungkapkannya dalam Clinical Psychological Science.

Sementara itu, ada juga pakar yang mengatakan bahwa untuk bisa bangkit dari masa lalu terkait dengan lama menjalin hubungan dengannya. 

"Untuk sebagian besar, semakin lama Anda berada dalam suatu hubungan dan serta seberapa dalam komitmen membuat memengaruhi seseorang untuk bangkit dan menemukan orang lain lagi," kata Ketua Departemen Konseling dan Pendidikan di Northern Illinois University, Suzanee Degges-White, PhD.

Bagi Anda yang baru putus cinta dan merasakan kesulitan untuk merasa lebih baik, berikut saran para ahli seperti dilansir Prevention, Senin (16/12/2019).

1. Hubungi teman Anda

Pertimbangkan untuk menelepon teman yang baru-baru ini mengalami perceraian atau masalah hebat. Mereka mungkin memiliki pengalaman yang sangat berharga dalam menghadapi perpisahan.

Ketika mendengar bagaimana orang lain melewati masalah mereka, hal itu membantu pikiran Anda dan mulai membantu membayangkan bahwa juga bisa melewatinya seperti disampaikan Deggres-White.

2. Setop cek medsos dia

Data studi dalam Jurnal Sex Roles pada 2017, sekitar 80 persen yang putus cinta akan lebih sering menelusuri Facebook atau Instagram mantan pasangan. Biasanya, akan ada hastrat untuk memblokir, membatalkan pertemanan, berhenti mengikuti, dan menghapus nomor dia.

Lewandowski menyarankan untuk setop mencari tahu tentang mantan kekasih.

"Menghindari situasi ini memungkinkan Anda untuk terus maju tanpa tergoda kembali menjalin hubungan romantis dengannya," jelasnya.

2 dari 3 halaman

Sibukkan Diri

putus cinta
Ilustrasi putus cinta (iStockphoto)

Coba jajal seseuatu yang baru. Pngalaman baru juga dapat mengambil ruang dalam pikiran dan kehidupan. Hal ini memungkinkan  untuk melupakan kesedihan. Salah satu cara yang baik untuk menghabiskan waktu itu adalah mendaftar menjadi sukarelawan. Penelitian menunjukkan menjadi sukarelawan dapat secara signifikan meningkatkan kesehatan mental dan fisik, kepuasan dengan hidup, dan harga diri.

4. Mulai bergerak

Jangan malas bergerak usai putus cinta. Coba jalan-jalan atau berolahraga. Frontiers in Psychology mengatakan dalam sebuah artikel bahwa peningkatan perasaan baik melalui bahan kimia seperti endocannabinoid dan faktor neurotropik yang diturunkan dari otak (BDNF), dan serotonin membantu mengangkat suasana hati.

Cobalah berjalan-jalan setiap hari di lingkungan Anda, mencoba kelas baru di gym atau studio yoga, atau bahkan bergabung dengan tim olahraga atau grup lari dapat membuat Anda menjadi lebih baik dan tenang.

5. Temui terapis

Apabila sudah beberapa minggu dan suasana hati masih masih belum membaik tak ada salahnya menemui terapis.

Seorang terapis dapat membantu Anda melihat dengan lebih objektif hubungan masa lalu Anda, memberitahu apa yang seharusnya dan tidak, mengajarkan cara menghargai dan menjalani diri sendiri tanpa bergantung pada pasangan, dan membangun fondasi yang kuat untuk hubungan baru ketika benar-benar sudah siap.

 

Penulis: Lorenza Ferary

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video menarik berikut:

Lanjutkan Membaca ↓