Sukses

Pola Pikir Seperti Ini Bantu Suami Lebih Perhatian pada Istri yang Hamil

Pola pikir 'hamil berdua' ini membuat suami lebih terlibat dalam setiap hal yang berhubungan kehamilan istri.

Liputan6.com, Jakarta Peran suami saat istri tengah hamil begitu besar. Sayangnya banyak istri yang merasa suami kurang memberikan dukungan dan perhatian.

Menurut psikolog Putu Andani dengan pola pikir bahwa suami juga merasa hamil bisa membuat suami lebih perhatian ke istri yang tengah berbadan dua.

"Menurut saya dan menurut teori- teori, mindset-nya (suami) perlu diubah. Jadi bukan suami menjadi asisten istri saja tetapi suami juga merasa ini kehamilannya juga. Jadi, ini kehamilan berdua," kata Putu dalam diskusi menghadapi kehamilan risiko tinggi di Kuningan, Jakarta beberapa waktu lalu.

Pola pikir 'hamil berdua' ini membuat suami lebih terlibat dalam setiap hal yang berhubungan dengan perubahan-perubahan yang terjadi selama masa kehamilan.

Suami dapat melakukan berbagai hal- hal mulai dari yang kecil dengan rutin mengusap perut istri dan selalu meluangkan waktu setiap bulan untuk mengantar istri kontrol kandungan.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesan untuk Suami dengan Istri Hamil Berisiko Tinggi

Bagi suami yang memiliki istri dengan kehamilan risiko tinggi hendaknya memahami apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh istri. Misalnya istri memiliki riwayat penyakit kadar gula darah tinggi, hendaknya tidak dengan sengaja mengonsumsi makanan manis di hadapan istri. Hal ini bisa membuat istri ingin tapi tahu tidak boleh yang bisa berujung stres.

Di sisi lain komunikasi antara suami dan istri yang tengah hamil menjadi penting. Para suami memang tidak bisa merasakan kondisi bayi yang ada dalam kandungan istri bisa banyak bertanya kepada pasangan. Sehingga, istri pun merasa diperhatikan selama kehamilan.

Penulis : Eflien Anggelien

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.