Sukses

WHO: Tahun 2018, Campak Sebabkan 140 Ribu Orang Meninggal

WHO menyebut bahwa tingkat vaksinasi campak di dunia masih belum bisa melindungi anak-anak

Liputan6.com, Jakarta Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) menyatakan bahwa di 2018, ada 140 ribu orang meninggal dunia akibat campak. Kebanyakan dari mereka adalah anak-anak di bawah lima tahun.

"Fakta bahwa setiap anak meninggal karena penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin seperti campak, adalah kemarahan dan kegagalan kolektif untuk melindungi anak-anak yang paling rentan di dunia," kata Direktur Jenderal WHO Dr Tedros Adhanom Ghebreysus seperti dikutip dari laman resmi WHO pada Kamis (12/12/2019).

WHO menyatakan bahwa bayi dan anak-anak sangat berisiko terkena infeksi campak. Mereka juga berpotensi terkena komplikasi seperti pneumonia dan ensefalitis (pembengkakan otak), cacat seumur hidup, kerusakan otak permanen, kebutaan, atau kehilangan pendengaran.

Beberapa studi terbaru menyatakan bahwa terkena virus campak berdampak pada kesehatan jangka panjang. Mereka bisa merusak memori sistem kekebalan selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun setelah infeksi.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkat Vaksinasi yang Belum Cukup Melindungi

Kondisi ini menyebabkan orang yang selamat dari campak, lebih rentan terhadap penyakit lain seperti influenza atau diare, yang merusak pertahanan kekebalan tubuh.

Campak sesungguhnya dapat dicegah lewat vaksinasi. Namun, tingkat imunisasi global saat ini dirasa tidak bergerak selama hampir satu dekade.

WHO dan UNICEF memperkirakan bahwa ada 86 persen anak di dunia yang mendapatkan dosis pertama vaksin campak lewat pelayanan rutin di negaranya. Sayangnya, kurang dari 70 persen yang menerima dosis kedua yang direkomendasikan.

Tahun 2018 sendiri, ada lima negara dengan angka insiden tertinggi campak. Mereka adalah Republik Demokratik Kongo, Liberia, Madagaskar, Somalia, dan Ukraina. Mereka menyumbang hampir setengah kasus campak di dunia.

"Estimasi ini mengingatkan kita bahwa setiap anak, di mana saja membutuhkan dan layak, vaksin yang menyelamatkan jiwa ini. Kita harus membalikkan tren ini dan menghentikan kematian yang dapat dicegah, dengan meningkatkan akses dan cakupan vaksin campak," kata Robert Linkins, Branch Chief of Accelerated Disease Control and Vaccine Preventable Disease Surveillance di Center for Disease Control and Prevention.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Campak adalah infeksi yang disebabkan oleh virus. Gejala campak berupa ruam merah pada seluruh tubuh yang disertai demam, batuk, dan pilek.

    Campak

  • who