Sukses

Sosok Inspirator Ice Bucket Challenge Pete Fraser Meninggal Dunia

Pete Frates, orang yang mempopulerkan tantangan Ice Bucket Challenge meninggal dunia.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa tahun yang lalu, sebuah tantangan viral bernama Ice Bucket Challenge banyak dilakukan oleh orang-orang di seluruh dunia. Beberapa tokoh terkenal seperti aktor, penyanyi, pengusaha hingga pejabat dunia pun ikut melakukannya.

Baru-baru ini, salah seorang yang mempopulerkan Ice Bucket Challenge, Pete Frates, meninggal dunia. Mantan pemain baseball yang menjadi inspirasi terbesar dalam tantangan tersebut meninggal pada Senin lalu.

"Hari ini, surga menerima malaikat kita," tulis pernyataan keluarganya seperti dilansir dari The Guardian pada Rabu (11/12/2019).

Frates sendiri didiagnosis ALS pada 2012. Setahun sebelumnya, ketika sedang bertanding baseball, dia terkena bola di pergelangan tangannya dan mengalami cedera yang tidak sembuh dengan baik.

Penyakit ini berkembang hingga dia akhirnya lumpuh dan harus menggunakan kursi roda. Selain itu, ia kehilangan kemampuan untuk bicara dan harus makan lewat tabung.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ice Bucket Challenge

Frates, yang meninggal di usia 34, memiliki kondisi neuron motorik bernama Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS). Di 2014, dia membantu mempopulerkan tantangan tersebut yang sesungguhnya dimulai oleh pemain golf Chris Kennedy.

Ice Bucket Challenge awalnya dilakukan oleh Kennedy yang menantang sepupu sang istri Jeanette Senerchia, di mana suaminya mengalami ALS. Hal itu akhirnya sampai pada seorang pasien di New York, Amerika Serikat bernama Pat Quinn hingga populer usai Frates dan keluarganya terlibat.

Ice Bucket Challenge sendiri merupakan tantangan yang sederhana. Seseorang hanya butuh mengambil seember berisi air es dan menuangkannya di atas kepala mereka.

Orang tersebut lalu mengunggahnya di media sosial untuk mengajak orang lain melakukan hal yang sama atau memberikan sumbangan untuk beramal pada mereka yang mengalami ALS. Banyak orang melakukan keduanya.

3 dari 3 halaman

Kesempatan Memberi Harapan Bagi Pasien

Mengutip Daily Mail, Frates tidak pernah mengeluh tentang penyakitnya. Namun, lewat kampanyenya, dia mencoba meningkatkan kewaspadaan terhadap kondisi yang juga diderita ilmuwan Stephen Hawking itu.

"Dia melihatnya sebagai kesempatan memberikan harapan ke pasien lain dan keluarga mereka," kata keluarga Frates dalam pernyataan mereka.

Suami dari Julie itu juga mendapatkan penghargaan dari beberapa pihak. Tahun, 2014, New England Council memberinya gelar "New Englander of the Year" karena pekerjaannya dalam meningkatkan kewaspadaan terhadap ALS. Selain itu, dia juga dinobatkan sebagai Sports Illustrated's Inspirations of the Year.

Pada 2014 juga, Ice Bucket Challenge berhasil mengumpulkan hingga USD 200 juta di seluruh dunia untuk penelitian terhadap penyembuhan ALS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.