Sukses

Menstruasi Tidak Teratur dan Wajah Berjerawat, Kenapa Ya?

Kelebihan hormon androgen yang dialami sebagian wanita membuat menstruasi tak teratur serta berjerawat. Hal ini juga bisa membuat sulit hamil.

Liputan6.com, Palangka Raya Dalam kasus tertentu ada wanita yang tidak menggunakan alat kontrasepsi seperti pil KB dan menstruasi tak kunjung datang selama berbulan-bulan. Lalu, bila diperhatikan lagi wajahnya berjerawat. Kondisi apakah itu? 

Di sela-sela pemaparan di Kantor BKKBN Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Kepala BKKBN Hasto Wardoyo menjelaskan kondisi tersebut.

"Kondisi pasien karena kelebihan androgen. Hormon androgen ada pada pria dan wanita, yang berperan sebagai hormon reproduksi," kata Hasto di Kantor BKKBN Palangka Raya, Kalimantan Tengah, kemarin (9/12/2019).

Hormon androgen diproduksi di ovarium layaknya estrogen. Hormon ini memengaruhi kesuburan.

"Kalau kelebihan hormon androgen bisa menyebabkan menstruasi tidak teratur, bahkan tidak menstruasi. Dokter harus pandai memeriksa kondisi ini," kata pria dengan latar belakang dokter spesialis kebidanan dan kandungan konsultan fertilitas ini.  

 

Saksikan Juga Video Menarik Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ciri-Ciri Wanita Kelebihan Hormon Androgen

Ciri-ciri wanita yang mengalami kelebihan hormon androgen berupa tumbuh rambut lebat di area tubuh. Muncul kumis, rambut di bagian dada dan perut.

"Efeknya juga bikin wanita subur sulit hamil Ini yang dikenal polisistik ovarium sindrom (PCOS)," Hasto menambahkan.

Untuk pengobatan, dokter akan merekomendasikan obat anti-androgen. Obat ini mengandung siproteron asetat, anti androgen untuk mengurangi jumlah hormon tersebut.

"Jadi, obatnya bikin rambut halus dan bisa menstruasi teratur lagi," lanjut Hasto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.