Sukses

Ingin Hamil tapi Keputihan, Apa yang Harus Dilakukan?

Ingin hamil, tapi punya masalah dengan keputihan, apa yang harus dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta Jika ingin merencanakan kehamilan, maka perhatikan apakah istri mengalami masalah keputihan. Ini karena keputihan dapat memengaruhi kesuburan wanita, yang bisa membuat sulit hamil.

"Kalau pengen hamil ya jangan keputihan. Keputihan bisa mempersulit wanita buat hamil," ujar Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo di Kantor BKKBN, Jakarta, kemarin (5/12/2019) dalam keterangan wawancara yang diterima Health Liputan6.com

"Biasanya ditanya dulu, keputihannya bagaimana? Normal atau enggak. Yang normal itu keputihan yang enggak gatal dan berbau."

Tanda-tanda keputihan yang tidak normal, yakni berbau dan gatal. Selain itu, vagina terasa panas.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Didera Infeksi Jamur

Ketika keputihan yang tidak normal terjadi, kondisi itu berarti wanita terkena infeksi jamur. Infeksi jamur pun bisa menular pada pasangan seksual.

"Kalau keputihannya gatal sekali. Nah itu, berarti tanda infeksi jamur. Harus diobati dulu. Baru nanti rencanakan untuk hamil," tambah Hasto, yang berlatar belakang dokter spesialis obstetri dan ginekologi.

Infeksi jamur menyebabkan jamur (flora) di dalam vagina menjadi tidak seimbang. Sperma jadi lebih sulit mencapai rahim. Untuk menangani keputihan ini, obat anti jamur biasa direkomendasikan 

Area vagina bersih, sperma akan mudah masuk ke saluran serviks. Peluang hamil bisa besar.

Wanita juga perlu memerhatikan, masalah keputihan yang berkepanjangan dan tidak normal sebaiknya lekas ke dokter. Dokter akan memeriksa, apakah ada infeksi jamur atau tidak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.