Sukses

Outbond Perusahaan 6 Bulan Sekali Bantu Jurnalis Usir Stres

Outbond perusahaan bisa membantu jurnalis mengusir stres.

Liputan6.com, Jakarta Kegiatan outbond atau gathering (kumpul bersama) rupanya bisa menjadi cara perusahaan menjaga kesehatan jurnalis. Upaya ini mampu mengusir stres, yang kerap melanda jurnalis.

Psikolog Sustriana Saragih menegaskan, perusahaan juga dapat melakukan sejumlah hal untuk menjaga kesehatan mental jurnalis.

"Merancang aktivitas dan program yang bisa meningkatkan kesehatan mental jurnalisnya. Outbond atau gathering dapat diterapkan, tapi di dalamnya tidak mendiskusikan pekerjaan lho," ucap Sustriana sebagaimana keterangan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, ditulis Kamis (5/12/2019).

"Yang pasti outbond atau gathering itu murni membantu para jurnalis mengenali diri, mengekspresikan emosi, serta mengelola stres."

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lakukan 3 atau 6 Bulan Sekali

Menurut Sutrisna, kegiatan perusahaan yang positif, baik outbond atau gathering dapat dilakukan setiap 3 atau 6 bulan sekali.

Ia juga berharap Undang-undang Nomor 18 Tahun 2014 tentang Kesehatan Jiwa mampu diterapkan di tempat kerja. Salah satu isi yang dibahas undang-undang tersebut mengenai penyelenggaraan kegiatan yang bisa meningkatkan kesehatan jiwa seseorang.

"Sebenarnya, saya berharap undang-undang itu tidak hanya bagus di atas kertas, melainkan diimplementasikan dalam bentuk program kegiatan di tempat kerja," Sustriana menerangkan.

Selain itu, perusahaan menyediakan asuransi kesehatan jiwa atau layanan psikolog bagi pekerja media. Produktivitas jurnalis dan pekerja media akan semakin meningkat jika kesehatan jiwa mereka terjaga dengan baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.