Sukses

Perhatikan Waktu yang Tepat agar Mandi Air Hangat Bikin Tidur Nyenyak

Mandi air hangat memang bisa membuat tidur nyenyak asalkan dilakukan di waktu yang tepat.

Liputan6.com, Jakarta Mandi pagi dengan air hangat selain dapat menyegarkan tubuh dan membuat Anda sadar sepenuhnya, ternyata juga dapat meningkatkan kreativitas. Sedangkan mandi malam hari dengan air hangat juga punya manfaat baik bagi tubuh. Mandi menggunakan air hangat di malam hari dapat meningkatkan kualitas tidur.

"Syaratnya, mandi pakai air hangat jangan mepet dengan waktu tidur," kata Shelby Harris dokter yang juga pakar kesehatan tidur dari Montefiore Medical Center, New York seperti dilansir Health, Selasa (3/12/2019).

Para ahli mengatakan bahwa mandi malam hari dapat meningkatkan kualitas tidur. Triknya adalah dengan mandi malam beberapa jam sebelum tidur. Ini karena suhu tubuh punya peran amat penting dalam mengatur ritme sirkadian, yang menjadi sinyal bagi tubuh kapan waktunya untuk tidur.

Suhu tubuh naik secara alami hingga sore hari dan setelahnya suhu tubuh mulai turun dan membutuhkan pendinginan dan itu adalah sinyal yang memberitahu Anda bahwa seharusnya Anda tidur. Jika proses ini terganggu hal itulah yang kemudian membuat Anda sulit tidur.

Selain itu, beberapa penelitian sudah menunjukkan bahwa menghangatkan tubuh dengan mandi dapat membantu Anda mendapatkan tidur yang cukup jika membiarkan tubuh melakukan pendinginan sebelumnya. Harris mengatakan bahwa untuk mendapatkan efek ini, mandilah selama 20 menit.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mandilah 1,5 Jam Sebelum Tidur

Anda sedapat mungkin harus mengatur waktu untuk mandi agar selesai sekitar satu setengah jam sebelum Anda tidur. Dengan begitu, pada saat Anda berbaring di tempat tidur, tubuh mempunyai waktu untuk menjadi dingin, kering, dan siap untuk tidur.

Tak hanya itu, mandi dengan air hangat pada malam hari juga menjadi momen untuk Anda melakukan perawatan wajah dengan membersihkannya secara lebih dari mandi biasa.

Menurut National Sleep Foundation, membersihkan wajah sebelum tidur bisa membantu membersihkan kulit dan mengurangi jerawat, melindungi dari kerutan, serta dapat membantu krim malam dan pelembab yang Anda gunakan bekerja lebih aktif.

Penulis: Winda Nelfira

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.