Sukses

Bisakah Mencegah Diabetes Melitus Tipe 1 pada Anak?

Hingga saat ini belum bisa mencegah diabetes melitus tipe 1.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar diabetes yang terjadi pada anak adalah diabetes melitus tipe 1 meski tidak menutup kemungkinan tipe 2. Penyebab diabetes melitus tipe 1 bukan gaya hidup melainkan reaksi autoimun menyerang sel pankreas yang memproduksi insulin.

Sayangnya, hingga saat ini belum ada cara mencegah diabetes melitus tipe 1. Yang bisa dilakukan adalah pengobatan sejak awal seperti disampaikan dokter spesialis anak konsultan endokrinologi Frida Soesanti.

“DM tipe 1 sampai saat ini kita belum bisa mencegah. Yang bisa kita kerjakan adalah deteksi dini. Jadi begitu ada gejala yang mengarah pada DM tipe satu, kita langsung mengevaluasi. Apakah benar DM tipe 1 atau tidak. Jadi, bisa mendapat tata laksana yang lebih awal,” kata Frida di Jakarta beberapa waktu lalu.

Bila memang benar si Kecil didiagnosis diabetes melitus tipe 1, maka anak akan mendapat pengobatan seumur hidup.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Terapi Insulin

Ada 90 persen anak dengan diabetes melitus tipe 1 yang membutuhkan terapi insulin seumur hidup. Tujuannya untuk agar kualitas hidup penderita seoptimal mungkin dengan kontrol metabolik yang baik seperti disampaikan Sekretaris Endokrinologi Ikatan Dokter Anak Indonesia, Nanis Sacharina Marzuki.

Pada kasus diabetes tipe 1, pasien harus memperhatikan suntikan insulin secara rutin serta pegnaturan makanan dan olahraga. Tak ketinggalan pemantauan gula darah secara mandiri.

Jika anak sudah mendapatkan diabetes sebelum usia 15 tahun dan penyakitnya tidak terkonrol, kata Nanis, maka saat umur 25 aneka masalah kesehatan lain muncul. Seperti gagal ginjal, kelainan retina, dan hipertensi bisa muncul di usia mudah. Hal ini meningkatkan risiko kematian dini muncul lebih cepat seperti dikutip Antara, Senin (2/12/2019).

 

Penulis: Selma Vandika

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.