Sukses

Jokowi Sidak Pelayanan BPJS di Subang, 90 Persen Pasien Gunakan JKN

Jokowi sidak pelayanan BPJS Kesehatan di Subang, yang mana hampir semua pasien menggunakan JKN.

Liputan6.com, Subang Dalam inspeksi mendadak (sidak) ke RSUD Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat, hari ini (29/11/2019), Presiden Joko Widodo (Jokowi) menemukan hampir 90 persen pasien menggunakan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). 

Dari jumlah tersebut, Jokowi menerangkan, sekitar 70 persen merupakan peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI). Dua puluh persen sisanya termasuk peserta mandiri.

"Sama seperti saat saya sidak di Lampung, kurang lebih angkanya hampir-hampir mirip. Artinya apa? Artinya, memang masyarakat memanfaatkan kartu BPJS Kesehatan itu dalam rangka pelayanan kesehatan yang diberikan di rumah sakit," kata Jokowi sebagaimana keterangan tertulis dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Jumat (29/11/2019).

Sidak yang dilakukan Jokowi adalah inisiatif sendiri dan tidak ada dalam agenda resmi kunjungannya. Sekitar pukul 09.15 WIB, Jokowi tiba di RSUD Subang. Selama 40 menit, Jokowi melakukan sidak.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ingin Pelayanan BPJS Kesehatan Berjalan Baik

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin menyampaikan, sidak yang dilakukan bertujuan Jokowi ingin mengetahui langsung pelayanan BPJS Kesehatan.

"Presiden ingin memastikan pelayanan BPJS berjalan dengan baik," kata Bey.  

Jokowi langsung mengunjungi salah satu instalasi perawatan kelas 3, yakni Ruang Asoka. Ia juga sempat berbincang dengan para pasien yang sedang dirawat.

Selama sidak, Jokowi didampingi Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, Direktur RSUD Subang Ahmad Sopyan, dan Wakil Direktur Pelayanan RSUD Subang Ahmad Nasuhi.

Jokowi meninggalkan RSUD Subang sekitar pukul 09.55 WIB, kemudian bertolak menuju Pelabuhan Patimban, Kabupaten Subang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.