Sukses

Berat Ginjal Pria India Capai 7 Kg Gara-Gara Kista

Dokter menemukan ginjal tersebut memiliki berat lebih dari 7 kilogram

Liputan6.com, Jakarta Tim dokter di India baru-baru ini melakukan pengangkatan ginjal dengan berat sekitar 7,4 kilogram dari pasien yang mengalami kista dan pembesaran ginjal.

Pria asal New Delhi tersebut mengalami penyakit ginjal polikistik autosom dominan. Kondisi genetik tersebut menyebabkan kista berkembang di organ tubuh tersebut.

Dikutip dari New York Post pada Rabu (27/11/2019), pasien 56 tahun itu dibawa ke Ganga Ram Hospital untuk menjalani perawatan.

Dokter Sachin Kathuria, sang konsultan urologi yang memimpin operasi mengatakan bahwa kasus gagal ginjal dan kista yang dialami pria ini mengalami kebal obat. Dia mengatakan, pertumbuhan tersebut berisiko pendarahan dan bisa mempengaruhi pernapasan.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Temuan Dokter

Dokter akhirnya mengangkat salah satu ginjalnya dalam sebuah operasi yang berlangsung selama dua jam. Mereka terkejut dengan apa yang ditemukannya. Ginjal itu seberat 16,3 pon atau sekitar 7,4 kilogram.

"Itu adalah benjolan besar yang menempati setengah dari bagian perutnya. Kami tahu itu adalah ginjal besar tetapi tidak pernah berpikir akan seberat ini," kata Kathuria seperti dikutip dari The Guardian.

Namun, dokter menemukan ginjal yang lain pada pasien itu juga mengalami pembesaran. Para dokter juga tidak bisa mengangkatnya atau akan menjalani dialisis secara permanen.

Kathuria melaporkan, untuk saat ini, pasien tersebut berada dalam kondisi yang baik dan sedang dalam proses dialisis sembari menunggu transplantasi ginjal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.