Sukses

Teman Suka Sebar Informasi Hoaks, Rudiantara: Kick Saja

Rudiantara punya solusi saat ada teman yang suka menyebarkan informasi palsu (hoaks)

Liputan6.com, Jakarta Sering merasa terganggu dengan teman yang suka menyebarkan informasi palsu (hoax), Menteri Komunikasi dan Informatika era Kabinet Kerja, Rudiantara punya solusi tepat. 

Saran Rudiantara, yakni cukup dengan kick aja (blokir atau berhenti mengikuti/unfollow) teman yang bersangkutan. 

"Kalau postingannya hoax semua, ya kick aja. Menyebarkan informasi palsu itu merugikan lho," ucap Rudiantara dalam acara konferensi pers Humanize Us di Plaza Indonesia, Jakarta, kemarin (21/11/2019).

"Pertama, orang itu berdosa karena menyebarkan informasi yang tidak benar. Kedua, pulsa kita bakal tersedot untuk membuka postingan, yang ternyata hoax."

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Harus Merespons Semua Informasi

Kita memang perlu memilih dan memilah informasi yang diterima. Hal ini sebagai bentuk penerapan literasi digital. 

"Literasi digital itu sederhana. Kita tidak harus merespons semua informasi yang masuk, terlebih lagi di grup chat yang banyak sekali postingan," Rudiantara menegaskan.

"Di grup chat, kita banyak menerima informasi yang belum tentu benar."

Literasi digital, lanjut Rudiantara, perlu diedukasi ke publik, khususnya anak muda milenial agar mampu memanfaatkan media sosial dengan bijak.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.