Sukses

Lari Seminggu Sekali Bikin Panjang Umur

Semalas-malasnya berolahraga, sempatkanlah sekali seminggu saja untuk berlari karena bisa memperpanjang umur.

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang ingin panjang umur, ada baiknya rutin berlari. Melakukan olahraga ini seminggu sekali sudah bisa menurunkan risiko kematian dini. 

Hasil temuan mengenai manfaat berlari seminggu sekali ini telah dipublikasikan pada British Journal of Sports Medicine. Berlari seminggu sekali bisa menurunkan risiko hingga 27 persen kematian dini. Bahkan semakin sering berlari, semakin rendah peluang kematian dini ini.

"Hal ini merupakan berita baik bagi banyak orang yang kesulitan untuk menemukan waktu berolahraga," terang Elaine Murtagh, fisiolog dari Mary Immaculate College di Limerick, Irlandia seperti dilansir Medical Daily. 

"Berapa pun jumlah lari yang dilakukan lebih baik dibanding tidak sama sekali," sambungnya.

 

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Konsistensi

Untuk mendapat temuan terbaru ini, peneliti dari Victoria University, Melbourne, Australia, melakukan analisis terhadap 14 penelitian sebelumnya. Selama rentang waktu penelitian (antara 5 hingga 35 tahun) terdapat 25.951 partisipan yang meninggal dunia dari total 232.149 partisipan.

Penelitian kemudian menghasilkan kesimpulan bahwa mereka yang berlari secara konsisten setidaknya sekali seminggu memiliki peluang 27 persen lebih rendah mengalami kematian dini. Oleh karena itu, berlari ini merupakan cara yang sangat penting untuk menjaga kesehatan, kebugaran, serta memperpanjang usia.

 

Penulis: Rizky Wahyu Permana/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.