Sukses

Muhadjir Effendy Sebut Calon Pengantin Baru Perlu Bimbingan Pranikah

Menko PMK Muhadjir Effendy menyebut, pentingnya bimbingan pranikah untuk calon pengantin baru.

Liputan6.com, Jakarta Pembekalan pranikah semestinya diberikan kepada setiap calon pengantin baru. Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Bahan materi pembekalan pranikah untuk calon pengantin pun juga harus diperkaya. Penyelenggaraannya juga perlu ditingkatkan dengan melibatkan kementerian-kementerian terkait.

Di antaranya, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Sosial, Kementerian Koperasi dan UMKM serta BKKBN sebagai leading sektornya.

"Pola dan waktu penyelenggaraannya harus fleksibel, tidak memberatkan calon pengantin tetapi efektif. Bahan atau materinya bisa berupa modul dan menggunakan moda daring (on line) maupun luring (off line)," tegas Muhadjir sebagaimana keterangan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, ditulis Minggu (17/11/2019).

"Untuk calon pengantin yang telah mengikuti pembekalan dengan baik memeroleh surat keterangan atau sertifikat."

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perencanaan Keluarga

Muhadjir menjelaskan, bimbingan pranikah menjadi tanggung jawab lintas kementerian, seperti Kementerian Kesehatan, Kementerian PPPA, KemenkopUKM, dan BKKBN.

Ini karena pemahaman yang perlu diberikan kepada calon pengantin bukan hanya soal keagamaan, melainkan multi aspek mencakup perencanaan keluarga, kesehatan, ekonomi rumah tangga, hingga masalah keturunan (reproduksi).

"Bimbingan terhadap calon pengantin tidak hanya berhenti pada pembekalan saja, harus ada tindak lanjut apabila ditemukan masalah. Misalnya, kalau diketahui bahwa calon pasangan pengantin belum punya penghasilan tetap dan ingin buka usaha, maka yang bersangkutan harus dibukakan akses pendanaannya melalui Kementerian Koperasi-UMKM," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Tingkatkan Kualitas Keluarga

Kebijakan bimbingan pembekalan pranikah harus diambil meningkatkan kualitas keluarga Indonesia.

"Ya, karena keluarga adalah bagian dari hulu pembangunan manusia Indonesia. Sementara itu, masih banyak kasus yang terjadi di dalam keluarga. Contohnya, masih tingginya angka kematian bayi dan ibu melahirkan, bayi cacat lahir, stunting, gizi buruk, kekerasan dalam rumah tangga, perkawinan bawah umur, rumah tangga miskin, dan lainnya," Muhadjir menyampaikan.

“Apabila hal tersebut tidak ditangani dengan sungguh-sungguh, bisa menggagalkan upaya membangun generasi masa depan Indonesia yang unggul dan berdaya saing, sebagaimana visi Bapak Presiden Joko Widodo."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.