Sukses

Usai Jalani Operasi Pita Suara, Miley Cyrus Dilarang Menyanyi untuk Sementara

Miley Cyrus dikabarkan harus istirahat dari bernyanyi dan mengurangi bicara usai melakukan operasi pita suara

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi Amerika Serikat Miley Cyrus harus berdiam diri dan tidak menyanyi selama beberapa minggu usai melakukan operasi pita suara karena gangguan yang telah ia alami selama beberapa tahun.

Dikutip dari Boston Magazine pada Kamis (14/11/2019), Miley Cyrus sempat mendatangi dokter karena masalah tonsilitis atau radang amandel pada bulan lalu. Ia diberitahu harus melakukan operasi pita suara.

Pelantun lagu "Wrecking Ball" ini memang tidak menjelaskan gangguan apa yang terjadi pada pita suaranya. Namun, ia dikabarkan mendatangi dokter Steven Zeitels, salah satu dokter bedah di Boston Massachusetts General Hospital.

Kepada Hollywood Life, Omid Mehdizadeh, dokter spesialis THT dari Providence Saint John’s Health Center mengatakan bahwa biasanya, seorang dokter akan meminta pasien untuk beristirahat selama lima hari sampai empat minggu usai operasi. Hal tersebut agar tidak terjadi kerusakan pita suara lagi.

Saksikan juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alasan Harus Istirahat

Mehdizadeh, yang tidak terlibat dalam operasi tersebut, mengatakan bahwa pita suara mirip dengan dua senar gitar yang bergetar ketika kita bicara atau bernyanyi.

"Ketika kita melakukan operasi pada pita suara, itu biasanya menginvasi senar tersebut dan apa yang perlu orang lakukan adalah mengistirahatkan suara sehingga senar itu sembuh tanpa peradangan," kata Mehdizadeh.

Dia menambahkan, ketika seseorang bicara atau bernyanyi selama pemulihan, kondisi itu bisa menyebabkan tekanan mekanis serta peradangan pada pita suara yang sedang dalam masa pemulihan.

Pita suara sendiri sama seperti otot atau bagian tubuh lainnya. Ketika organ itu terlalu banyak bekerja, mereka menjadi lebih rentan terhadap cedera.

Seringkali, penyanyi memiliki risiko lebih tinggi dalam mengalami masalah semacam itu. Beberapa implikasi yang bisa terjadi mulai dari suara serak, penyakit refluks gastroesofageal, pembengkakan, hingga pertumbuhan abnormal.

Bukan hanya Miley Cyrus saja penyanyi dunia yang diketahui melakukan operasi pita suara. Justin Timberlaku, Sam Smith, dan Adele, diketahu telah menjalani beberapa jenis operasi pita suara untuk memperbaiki organ tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.