Sukses

Lakukan Kolonoskopi, Will Smith Temukan Gejala Pra-Kanker

Will Smith menemukan polip pra-kanker yang jika tidak segera diangkat bisa tumbuh menjadi kanker usus besar

Liputan6.com, Jakarta Aktor Will Smith ternyata memiliki polip pra-kanker. Kondisi itu ditemukannya usai melakukan kolonoskopi pertamanya pada bulan Agustus lalu.

Hal itu diungkapkan Will Smith dalam sebuah vlog terbarunya di saluran videonya beberapa waktu lalu. Dalam unggahannya yang ditambahkan nuansa komedi itu, aktor 51 tahun itu melakukan pemeriksaan kolonoskopi.

"Saya sudah 50 tahun, jadi saya perlu memeriksa barang-barang saya," kata Smith seperti dikutip dari People pada Minggu (10/11/2019).

Dikutip dari New York Post, pemeriksaan tersebut menunjukkan bahwa aktor Men in Black ini memiliki sebuah polip pra-kanker. Menurut dokternya, Ala Stanford, pertumbuhan jaringan abnormal ini haruslah diangkat jika tidak, bisa tumbuh terus menerus.

"95 persen kanker usus besar muncul dari jenis polip yang ada di usus besar Anda," kata Stanford pada Smith.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harus Lakukan Pemeriksaan Lebih Sering

Stanford mengatakan pada pemeran Genie di film Aladdin itu bahwa pria Afrika-Amerika memiliki risiko kanker usus besar lebih tinggi. Selain itu, gejalanya juga sangat khas. "Ketika itu muncul, itu bisa menyebar ke seluruh tubuh Anda," ujarnya.

Polip tersebut sudah diangkat dari tubuh Smith oleh para dokter. Namun, Stanford meminta dirinya untuk lebih rutin memeriksakan diri lebih sering karena temuan tersebut. Setidaknya, Smith disarankan melakukan skrining setiap dua atau tiga tahun ketimbang sepuluh tahun seperti mereka yang hasilnya normal.

Smith sendiri tidak menyangka akan menemukan kondisi itu ketika melakukan pemeriksaan.

"Ketika saya merekam vlog ini, saya mengira ini akan menyenangkan. Saya tidak sadar saya akan menemukan polip pra-kanker," ujarnya.

Smith pun meminta agar orang-orang untuk segera melakukan pemeriksaan kesehatan. "Membutuhkan sejumlah komitmen dan rasa malu untuk menjadi sehat. Anda harus melakukannya," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.