Pria Suka Memasukkan Tangan ke Kantong Celana, Biar Keren?

Oleh Liputan6.com pada 09 Nov 2019, 11:00 WIB
Celana Jeans Bahan Jeans

Liputan6.com, Jakarta Para pria kerap memasukkan tangan ke dalam saku celana. Sekilas, pose ini memberi citra keren. Hanya itu saja?

Ternyata tidak hanya sekadar pose saja tapi bisa dijelaskan secara psikologis. Munculnya kebiasaan memasukkan tangan ke dalam saku ini berkaitan dengan kondisi mental yang dialami seseorang.

Dilansir dari Men's Health, berikut sejumlah alasan mengapa pria memasukkan tangan ke saku.

Menenangkan

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Frontiers in Psychology, menyentuh bagian-bagian tubuh dapat membantu untuk menenangkan diri. Dengan memegang saku celana, membantu terlepasnya oksitosin atau hormon yang menenangkan ke dalam tubuh.

 

2 of 3

Menunjukkan Dominasi

pria
ilustrasi pria/Photo by Benjamin Parker on Unsplash

Dalam kondisi tegang atau berhadapan dengan orang lain, sering kali pria juga memasukkan tangannya ke dalam saku. Menurut Rob Kominiarek dari Alpha Male Medical Institute, pose ini dilakukan untuk menunjukkan siapa yang lebih berkuasa dan tidak terintimidasi oleh pihak lain.

Menjaga Keamanan Area Vital Pria

Menurut Vanessa Van Edwards, penulis buku Human Lie Detection and Body Language 101: Your Guide to Reading People's Nonverbal Behavior, posisi tangan yang dekat dengan alat vital ini membuat pria merasa nyaman.

Pose tersebut membuat mereka nyaman karena terlindung dan amannya alat vital mereka dan berada dalam jarak yang dekat. Sejumlah hal tersebut menjadi alasan mengapa seorang pria cenderung suka untuk memasukkan tangan ke dalam saku. Kondisi psikologis pria mendorong seseorang untuk melakukan pose ini secara tak sadar.

Penulis: Rizky Wahyu Permana/Merdeka.com

3 of 3

Saksikan juga video menarik berikut:

Lanjutkan Membaca ↓