Sudah Mati 10 Menit, Anjing di Inggris Ini Berhasil Dihidupkan Lagi

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 09 Nov 2019, 07:00 WIB
Ilustrasi Anjing

Liputan6.com, Jakarta Bukan hanya manusia yang bisa mati suri. Baru-baru ini, seekor anjing berjenis King Charles Cavalier di Solihull, Inggris juga mengalami kejadian tersebut.

Anjing jantan bernama Casper tersebut dilaporkan sudah mati selama 10 menit. Namun, pertolongan dari para dokter berhasil membuatnya lolos dari kematian.

Gloria Jackson, sang pemilik, mengatakan pada SWNS bahwa dia melihat anjingnya pingsan dan berhenti bernapas saat berada di rumah. Ia segera dibawa ke klinik hewan.

Dilansir dari New York Post pada Kamis (7/11/2019), Deborah Hope, kepala fasilitas kesehatan hewan itu mengatakan bahwa anjing 13 tahun tersebut sudah terkulai di lengan pemiliknya ketika dia datang.

2 of 4

Terkena Edema Paru dan Gagal Jantung

Shio Anjing Tanah
Ilustrasi anjing (iStockphoto)

Hope dan rekan-rekannya segera membantu penanganan medis pada hewan itu. Mereka menemukan bahwa Casper mengalami edema paru dan gagal jantung.

"Cairan yang menumpuk di paru-paru dapat menyebabkan anjing harus berjuang untuk bernapas namun karena Casper sudah tidak sadar, cairan itu sudah mengalir keluar darinya," kata Hope.

Petugas medis pun menyatakan bahwa anjing itu mengalami henti napas dan gagal jantung. Namun, mereka belum menyerah menyelamatkan nyawa hewan itu.

3 of 4

Sempat Ragu Bisa Diselamatkan

Ilustrasi anjing
Ilustrasi anjing (iStock)

Tim segera melakukan CPR pada anjing tersebut sembari memasukkan tabung ke saluran udara di tubuhnya. Dia juga diberikan cairan infus untuk membantu sirkulasi darahnya.

Di sisi lain, Hope sesungguhnya ragu bahwa anjing itu bisa selamat. "Biasanya, ketika kami mendapatkan kasus seperti Casper, kami tidak berharap dia mendapatkan kembali detak jantung atau napasnya, tapi kami berusaha menyelamatkannya karena itulah yang kami lakukan."

10 menit kemudian, detak jantung dan napas Casper mulai kembali. Hope mengatakan, seandainya Jackson dan putranya, Shaun tidak segera mendatangi dokter hewan, anjing itu pasti tidak akan selamat.

"Untuk waktu yang singkat, Casper secara teknis sudah mati, dan jika kita tidak segera bertindak atau Shaun dan Gloria datang beberapa menit lebih lama, maka saya rasa kami tidak bisa membantu detak jantung dan napasnya lagi," kata Hope.

Beberapa hari setelah mendapatkan perawatan, Casper pun diperbolehkan kembali bersama keluarganya.

"Casper kami yang cantik kembali bersama kami," kata Jackson.

4 of 4

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓