4 Hal yang Perlu Disiapkan Jelang Melahirkan

Oleh Babyologist pada 03 Nov 2019, 16:00 WIB
Diperbarui 03 Nov 2019, 16:16 WIB
Ilustrasi Wanita Hamil (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Menjelang melahirkan, ayah dan ibu, terutama yang akan menimang buah hati pertama, biasanya merasa sangat bahagia dan semangat. Saking semangatnya, ortu baru cenderung bingung harus mempersiapkan apa saja ketika hari bersalin semakin dekat. Mommy Nurma Nuzulia dari Babyologist membagikan tips persiapan jelang melahirkan.

Hai Moms! Waktu persalinan sudah mulai dekat namun Moms bingung apa saja yang harus dipersiapkan? Jangan khawatir Moms, saya akan berbagi mengenai apa saja yang perlu Moms persiapkan untuk persalinan dan pasca persalinan nanti. Berikut beberapa hal yang terpenting yang harus mulai Moms siapkan sebelum waktu persalinan datang.

Persiapan menjelang waktu persalinan

1. Asuransi

Saya rasa memiliki asuransi yang meng-cover biaya perawatan persalinan jadi hal pertama yang terpenting untuk dipersiapkan. Kenapa? Karena meskipun kita sudah mempersiapkan semua dengan baik kita tetap tidak boleh meremehkan apapun, termasuk kemungkinan adanya keadaan darurat. Selain itu dengan adanya asuransi biaya persalinan bisa jauh lebih ringan dan Moms bisa lebih tenang akan keadaan darurat.

2. Perlengkapan untuk si kecil

Ada hal-hal yang perlu diperhatikan ketika mempersiapkan perlengkapan untuk si kecil. Yang pertama soal bahan. Pastikan barang untuk si kecil terbuat dari bahan yang aman untuk bayi baru lahir, karena bayi baru lahir masih sangat sensitif terhadap apapun. Yang kedua, beli karena barang tersebut memang dibutuhkan, bukan karena Moms gemas terhadap modelnya. Hal ini bisa bikin pengeluran melebihi budget, selain itu biasanya keperluan newborn hanya terpakai sebentar mengingat pertumbuhan bayi baru lahir sangat cepat.

3. Perlengkapan untuk Moms

Ini hal yang paling sering terlupakan ketika menyiapkan kebutuhan persalinan. Saking excited-nya Moms menyiapkan keperluan untuk si kecil, Moms biasanya sering kelupaan kalau Moms juga harus persiapkan perlengkapan Moms juga. Beberapa hal seperti baju yang nyaman untuk menyusui, pembalut khusus serta barang-barang yang menunjang kenyamanan pasca persalinan, juga penting untuk disiapkan loh Moms!

4. Pengetahun tentang post-partum

Tidak hanya keperluan untuk diri, persiapan mental untuk menghadapi pasca persalinan ini kebanyakan cukup diremehkan ketikan mempersiapkan persalinan. Padahal pengetahuan tentang post-partum ini sangat penting dan bisa meminimalkan resiko Moms terkena baby blues maupun depresi pasca melahirkan. Moms jangan lupa untuk mencari info tentang perawatan Moms pasca melahirkan, tentang menyusui, serta tentang perawatan bayi baru lahir.

Jadi Moms selama ada waktu ada baiknya untuk “mencicil’ persiapan untuk persalinan. Jangan tunda-tunda lagi untuk persiapkan hal-hal di atas yah Moms! Apalagi kalau waktu persalinan sudah sangat dekat, supaya Moms tidak panik dan meminimalisir adanya hal-hal yang bisa saja terlewat. Semangat Moms!

Live Streaming

Powered by