Sukses

Ini Tips Memilih Air Minum Dalam Kemasan Berkualitas

Perhatikan kualitas air minum dalam kemasan yang Anda konsumsi untuk mendapatkan manfaat terbaik bagi tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Minum air adalah cara terbaik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Di sisi lain, penting juga memilih air minum dalam kemasan (AMDK) yang berkualitas.

Menurut dokter spesialis gizi klinik Diana Sunardi  ada beberapa kriteria air minum yang layak untuk dikonsumsi. Hal tersebut merujuk pada Permenkes 492 tahun 2010.

"Air minum yang berkualitas dan baik itu adalah yang tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak mengandung zat berbahaya terutama logam," kata Diana dalam konferensi pers di Jakarta pada Jumat (1/11/2019).

Dalam pemaparannya di acara konferensi pers "Jelajah Kebaikan Aqua," Diana mengatakan saat memilih produk air minum, seseorang juga harus melihat apakah produk tersebut ada izin edarnya.

"Tentu kalau mau melihat produk yang paling bagus, tentu saja kita harus melihat mulai dari proses produksinya. Air itu dari mana, nanti kita tahu air itu yang terbaik," kata Diana yang juga Ketua Indonesian Hydration Working Group tersebut.

Diana sendiri menilai bahwa saat ini, kesadaran masyarakat Indonesia untuk memenuni kebutuhan konsumsi air minumnya sudah cukup baik. Ia mengungkapkan, 78 persen anak-anak, 79 persen remaja, dan 72 persen orang dewasa sudah terhidrasi dengan cukup.

"Untuk menjaga momentum positif tersebut, kita perlu mengonsumsi cukup air setiap hari dan menjadikannya sebuah kebiasaan," kata Diana.

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bahaya Dehidrasi

Haus merupakan salah satu cara tubuh memberi tahu bahwa membutuhkan minum. Bila air urine sudah berwarna kuning tua, itu tanda sudah dehidrasi.

Dehidrasi secara umum bisa menyebabkan masalah bagi tubuh. Beberapa yang paling umum adalah perubahan emosi, kurang konsentrasi, sakit kepala ringan, dan juga kelelahan. Selain itu, kejilangan cairan juga rentan menyebabkan seseorang mengalami kram otot yang mengganggu aktivitas.

Diana pun menegaskan, meski ada banyak cara untuk memenuhi kebutuhan cairan sehari-hari, namun air dan kandungan mineralnya adalah pilihan terbaik yang membantu seseorang terhidrasi dengan baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.