Ini Tips Memilih Air Minum Dalam Kemasan Berkualitas

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 01 Nov 2019, 18:00 WIB
Diperbarui 01 Nov 2019, 18:25 WIB
air mineral

Liputan6.com, Jakarta Minum air adalah cara terbaik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Di sisi lain, penting juga memilih air minum dalam kemasan (AMDK) yang berkualitas.

Menurut dokter spesialis gizi klinik Diana Sunardi  ada beberapa kriteria air minum yang layak untuk dikonsumsi. Hal tersebut merujuk pada Permenkes 492 tahun 2010.

"Air minum yang berkualitas dan baik itu adalah yang tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak mengandung zat berbahaya terutama logam," kata Diana dalam konferensi pers di Jakarta pada Jumat (1/11/2019).

Dalam pemaparannya di acara konferensi pers "Jelajah Kebaikan Aqua," Diana mengatakan saat memilih produk air minum, seseorang juga harus melihat apakah produk tersebut ada izin edarnya.

"Tentu kalau mau melihat produk yang paling bagus, tentu saja kita harus melihat mulai dari proses produksinya. Air itu dari mana, nanti kita tahu air itu yang terbaik," kata Diana yang juga Ketua Indonesian Hydration Working Group tersebut.

Diana sendiri menilai bahwa saat ini, kesadaran masyarakat Indonesia untuk memenuni kebutuhan konsumsi air minumnya sudah cukup baik. Ia mengungkapkan, 78 persen anak-anak, 79 persen remaja, dan 72 persen orang dewasa sudah terhidrasi dengan cukup.

"Untuk menjaga momentum positif tersebut, kita perlu mengonsumsi cukup air setiap hari dan menjadikannya sebuah kebiasaan," kata Diana.

 

2 of 3

Bahaya Dehidrasi

Air mineral
Jangan sampai dehidrasi

Haus merupakan salah satu cara tubuh memberi tahu bahwa membutuhkan minum. Bila air urine sudah berwarna kuning tua, itu tanda sudah dehidrasi.

Dehidrasi secara umum bisa menyebabkan masalah bagi tubuh. Beberapa yang paling umum adalah perubahan emosi, kurang konsentrasi, sakit kepala ringan, dan juga kelelahan. Selain itu, kejilangan cairan juga rentan menyebabkan seseorang mengalami kram otot yang mengganggu aktivitas.

Diana pun menegaskan, meski ada banyak cara untuk memenuhi kebutuhan cairan sehari-hari, namun air dan kandungan mineralnya adalah pilihan terbaik yang membantu seseorang terhidrasi dengan baik.

3 of 3

Saksikan juga video berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by