Makan Satu Buah Alpukat Setiap Hari Bantu Turunkan Kolesterol Jahat

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 31 Okt 2019, 20:00 WIB
Diperbarui 31 Okt 2019, 20:00 WIB
Buah Alpukat
Perbesar
Ilustrasi Buah Alpukat (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Alpukat punya banyak manfaat. Sebuah studi terbaru menemukan bahwa buah berkulit hijau itu juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Para peneliti di Penn State University menemukan bahwa mengonsumsi satu buah alpukat dalam sehari membantu menurunkan kolesterol jahat LDL. Kolesterol itu seringkali menumpuk di dinding pembuluh darah dan menyebabkan stroke atau serangan jantung.

Dilansir dari New York Post pada Kamis (31/10/2019), penelitian pada 45 orang dewasa yang obesitas di Amerika Serikat, menemukan bahwa mereka yang makan alpukat setiap hari memiliki kadar LDL teroksidasi yang lebih rendah ketimbang sebelum penelitian dimulai.

"Peserta juga memiliki kadar lutein, sebuah jenis antioksidan, yang lebih tinggi setelah diet dengan alpukat," kata para peneliti. Mereka menyimpulkan, alpukat berpotensi menurunkan partikel LDL yang teroksidasi sehingga mencegah dampak negatif pada tubuh manusia.

2 dari 3 halaman

Cegah Oksidasi LDL

Avocado Art, Seni Ukir Terbaru yang Mengagumkan
Perbesar
Ilustrasi buah Alpukat. (Foto: iStockphoto)

Penny Kris Etherton, profesor nutrisi yang terlibat dalam penelitian ini mengatakan bahwa ada banyak dasar ilmiah yang menyatakan bahwa oksidasi partikel LDL bisa memicu kondisi seperti kanker dan penyakit jantung.

"Kita tahu bahwa ketika partikel LDL teroksidasi, itu memulai reaksi berantai yang dapat memicu aterosklerosis, yang merupakan penumpukan plak di dinding arteri," kata Etherton.

Dalam studi yang dimuat di Journal of Nutrition ini, alpukat ditemukan mengandung lutein yang mampu melindungi tubuh dari oksidasi kolesterol jahat.

"Oksidasi tidaklah baik, jadi jika Anda dapat membantu melindungi tubuh melalui makanan yang Anda makan, itu bisa sangat bermanfaat," katanya.

Meskipun begitu, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memahamami manfaat kesehatan dari alpukat yang dikenal memiliki vitamin K dan kalium. "Saya pikir kita baru mulai belajar bagaimana mereka bisa meningkatkan kesehatan," kata Etherton.

3 dari 3 halaman

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓