10 Cara Ampuh Kurangi Makan Berlebihan (2)

Oleh Benedikta Desideria pada 30 Okt 2019, 10:00 WIB
Diperbarui 30 Okt 2019, 10:00 WIB
Ilustrasi makan
Perbesar
Ilustrasi makan berlebihan. Sumber foto: unsplash.com/Icons8 Team.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang menyesal usai makan berlebihan. Alhasil, hal ini jika menjadi kebiasaan bisa membuat berat badan naik.

Bagi Anda yang ingin menyetop kebiasaan makan berlebihan berikut saran dari pakar bagian dua seperti dilansir Good Housekeeping, Rabu (30/10/2019).

6. Makan dengan sadar

Di masa modern seperti saat ini, banyak masyarakat yang makan sembari menonton televisi atau menonton video di ponsel. Kondisi ini membuat otak jadi tidak sadar ketika sudah kenyang yang artinya berhenti makan.

Maka dari itu, coba fokus pada makanan Anda, jangan sambil melakukan aktivitas lain. "Makan dengan sadar membuat Anda jadi menyadari sepenuhnya seberapa banyak yang sudah masuk ke mulut," kata pakar nutrisi Harry.

7. Sertakan protein dan serat setiap kali makan

Dua kandungan ini mampu membuat Anda merasa kenyang. Selain itu, protein dan lemak juga membuat tubuh lebih baik dalam melepaskan kadar glukosa dari karbohidrat yang dikonsumsi.

 

2 dari 3 halaman

8. Pastikan Gigitan Pertama adalah Sayur

Liputan 6 default 3
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Biasanya seseorang makan berlebihan ketika berada dalam sebuah pesta yang terdiri dari banyak makanan. Agar Anda tak makan berlebihan, ahli nutrisi Ilana Muhlstein, menyarankan untuk memilih sayuran seperti salad sayur ketimbang kue atau keripik untuk pertama kali dimakan.

9. Mengunyah pelan-pelan

"Ketika mengunyah makanan secara perlahan-lahan, hal ini membuat perut punya waktu untuk memberi tahu ke otak ketika sudah kenyang," kata Harry.

Menurut studi, proses dari perut ke otak memberi tahu perut sudah kenyang terjadi sekitar 20 menit. Jadi, makanlah perlahan-lahan tidak terburu-buru.

10. Makan dengan piring kecil

Saat makan, pilih piring kecil daripada besar. Menaruh sedikit makanan ke piring kecil sudah membuat terlihat penuh. "Ini aspek visual tapi punya pengaruh besar," kata Harry.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Menarik Berikut

Lanjutkan Membaca ↓