10 Cara Ampuh Kurangi Makan Berlebihan (1)

Oleh Benedikta Desideria pada 30 Okt 2019, 09:00 WIB
Diperbarui 30 Okt 2019, 09:00 WIB
Liputan 6 default 4
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Liputan6.com, Jakarta Kembung dan aneka masalah pencernaan adalah efek langsung ketika makan berlebihan. Hal itu nantinya akan berujung pada kenaikan berat badan.

Kerap terjadi munculnya keinginan makan berlebihan karena sejumlah alasan fisik dan emosional.Bisa jadi karena lelah, stres, kelaparan, kurang fokus dan makanan tertentu yang disuka membuat seseorang jadi makan berlebihan.

"Ketika sudah selesai makan, baru muncul rasa penyesalan," kata psikolog yang juga penulis buku Hanger Management, Susan Albers.Berikut saran dari pakar agar Anda tidak makan berlebihan seperti disampaikan pakar nutrisi dilansir Good Housekeeping, Rabu (30/10/2019).

1. Jangan simpan camilan terlalu banyak

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah 'membersihkan' makanan yang membuat Anda jadi makan berlebihan. Terutama makanan yang tinggi garam dan lemak seperti keripik, permen, es krim."Jangan menyimpan makanan di rumah maupun kantor yang membuat Anda jadi makan berlebihan," saran ahli nutrisi Ilana Muhlstein.

2. Cukup tidur

Terlepas dari makanan, aspek tidur juga punya pengaruh besar terhadap nafsu makan. Ketika kurang tidur maka membuat tubuh jadi kurang berfungsi sebagaimana biasanya.

"Studi menunjukkan orang yagn tidur kurang dari 7-8 jam setiap malam cendering mudah lapar dan mengidam banyak makan keesokan harinya," kata Mulstein.

2 dari 3 halaman

3. Jangan sampai kelaparan

alasan perut selalu lapar
Perbesar
Photo by Gardie Design & Social Media Marketing on Unsplash

Bila Anda tidak ingin makan berlebihan, pastikan tidak merasa kelaparan. Ketika orang lapar dia cenderung makan apapun yang ada di sekitarnya. Jika memang lapar tapi belum jam makan pilih makanan yang tepat.

"Maka dari itu, siapkan camilan berprotein tinggi di dekat Anda," kata ahli nutrisi Albers. Bisa juga makan camilan seperti Greek yoghurt atau mentimun.

4. Pastikan level lapar

"Ketika mulai lapar, coba cek level lapar itu. Apakah hanya sedikit lapar, sedang atau sangat lapar," saran Albers.Saat sudah mengetahui level lapar, Anda tahu harus makan besar atau camilan saja.

5. Minum air

Saat haus, terkadang seseorang mengartikan dirinya sedang lapar. Maka dari itu, cobalah minum aiur putih terlebih dahulu sebelum mencomot makanan.Pastikan juga setiap hari minum air putih sekitar delapan gelas.

"Hal ini secara drastis bakal memangkas keinginan Anda untuk makan," kata Muhlstein.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video menarik berikut:

Lanjutkan Membaca ↓