Sukses

Penyebab Pasangan Kerap Putus Nyambung

Selesaikan masalah dengan tuntas agar tak putus nyambung berulang kali.

Liputan6.com, Jakarta Hubungan yang putus nyambung dengan pasangan bukanlah hal yang baik. Menurut pakar hubungan, hal ini terjadi karena akar masalah tidak benar-benar diatasi. 

“Siklus itu terus terjadi karena kedua pihak belum menyelesaikan masalah sebelumnya dengan baik. Sehingga mereka terus berdebat tentang hal yang sama. Masalah itu terus menumpuk tanpa pernah diselesaikan dengan baik,” kata pakar hubungan dan host podcast Breakup BOOST, Trina Leckie kepada Elite Daily.

Menurut para ahli, jika Anda ingin hubungan berlangsung dengan baik, masalah tersebut perlu diselesaikan dengan baik pula. Bangun komunikasi dua arah dan bahas isu yang mengganggu hubungan.

Pakar hubungan, Erika Ettin mengatakan bahwa siklus putus nyambung itu tidak memberikan kesempatan bagi kedua pihak untuk mencari tahu apa yang salah dan benar. 

“Tanyakan diri Anda sendiri, kenapa putus lagi dan yang terpenting, tanyakan ke diri sendiri alasan menyambung hubungan itu kembali. Apakah karena bosan? Apakah takut sendirian? Jika jawabannya bukan karena mencintai pasangan, sebaiknya berhenti sejenak dan pikirkan apa yang sebenarnya diinginkan,” kata Ettin.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Minta Bantuan Pihak Ketiga

Pembina hubungan itu menyarankan untuk mendiskusikan apa yang salah. Tidak ada salahnya mencari bantuan konselor untuk mencegah berulangnya pola tersebut.

“Dengan duduk dan menghadapi semua isu secara langsung, Anda bisa menghentikan siklus putus nyambung itu. Buat rencana sebagai tim untuk mencari cara agar hubungan bisa lebih sehat dan saling membangun,” kata Leckie.

Dia juga menekankan untuk berhenti menutupi masalah dan menghindari fakta bahwa isu itu ada. Mulai tunjukkan komitmen dalam memperbaiki hubungan melalui tindakan.

Hal ini mungkin lebih mudah dikatakan dibanding dilakukan. Namun, ingat bahwa Anda pantas mendapatkan hubungan yang membahagiakan, tanpa adanya drama ‘sedang putus’. Jangan takut untuk membicarakan apa yang mengusik pikiran Anda.

Pasangan yang baik adalah orang yang mau mendengar dan menanggapi kekhawatiran Anda. Orang yang mau berusaha bersama-sama untuk mempertahankan hubungan. Jika pasangan yang sekarang tetap memilih untuk putus nyambung, jangan takut untuk mencari orang lain yang lebih bisa menghargai hubungan Anda.

 

Penulis : Selma Vandika

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.