Sukses

Usia 35 Menjabat Sebagai Menteri, Apa Tantangan Nadiem Makarim?

Memasuki dunia baru tentu ada banyak tantangan yang bakal dihadapi Nadiem Makarim.

Liputan6.com, Jakarta Pendiri dan CEO GoJek, Nadiem Makarim, per hari ini Rabu, 23 Oktober 2019 resmi menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Mewakili generasi milenial, Nadiem menjadi menteri di usia 35. 

Memasuki dunia baru tentu ada banyak tantangan yang bakal dihadapi Nadiem Makarim. Pertama-tama, kini dia bekerja dari sektor swasta ke pemerintahan. Lalu, bakal ada perubahan lingkungan kerja, ritme kerja, rekan kerja hingga regulasi seperti disampaikan psikolog klinis Rena Masri.

"Lalu, biasanya dia biasa bekerja dengan anak-anak muda tapi di kementerian bekerja dengan orang dengan usia yang beragam," katanya. 

Untuk menghadapi perubahan ini, Rena menyarankan untuk melakukan pemetaan. Mulai dari tugas hingga siapa saja yang bakal bekerja sama.

"Sehingga kemampuan beradaptasi diperlukan sekali di sini," kata Rena saat dihubungi Rabu (23/10/2019).

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Usia yang Fokus pada Pengembangan Karier

Pada umumnya, seseorang di usia dewasa muda seperti Nadiem Karim ini berfokus pada pengembangan karier. Di usia-usia ini juga bakal banyak hal yang dilakukan anak muda termasuk melakukan inovasi.

"Jadi, mungkin saja, tidak menutup kemungkinan, ada gebrakan," kata Rena.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.