Studi Ungkap Trik agar Kehidupan Rumah Tangga Lebih Bahagia

Oleh Liputan6.com pada 22 Okt 2019, 20:00 WIB
Diperbarui 22 Okt 2019, 20:16 WIB
Orangtua dan Anak

Liputan6.com, Jakarta Semua pasangan tentu ingin menjalani kehidupan rumah tangga dengan bahagia. Namun, tantangan makin bertambah saat sudah menjadi orangtua.

Sebuah penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal Gender & Society menemukan bahwa pembagian yang adil menjalani peran orangtua akan memberikan kebahagiaan yang besar pada pasangan menikah.

Peneliti mencoba menganalisis apa yang membuat pasangan kurang bahagia, kurang puas dengan pernikahan, dan memiliki kesehatan mental lebih rendah. Ternyata menjalani pengasuhan anak yang seimbang adalah salah satu faktor yang tak bisa diabaikan.

 

Orangtua dan anak
Ilustrasi orangtua dan anak (iStockphoto)

Pasangan yang kurang bahagia biasanya menjalani peran orangtua yang berat sebelah, dengan lebih membebankan kewajiban mengasuh anak hanya pada ibu. Sedangkan ayah kurang mengambil peran atau "lepas tangan" dalam mengurus anak.

Inilah yang sering menimbulkan ketidakpuasan dalam menjalani pernikahan.Seiring berjalannya waktu, sepertinya ayah masa kini sudah tak ragu lagi mengambil peran pengasuhan yang sama besar dengan istrinya. Mulai sekarang, cobalah berbagi peran dan tugas secara adil. Demi kebahagiaan semua pihak.

 

Penulis: Febi Anindya Kirana/Fimela

2 of 2

Saksikan Juga Video Menarik Berikut:

Lanjutkan Membaca ↓