Sukses

3 Kata Sederhana yang Bisa Ortu Kenalkan pada Anak Sejak Dini

Ada cara sederhana yang bisa dilakukan orangtua untuk menstimulasi kemampuan otak anak yakni dnegan memperkenalkannya pada kata-kata tertentu.

Liputan6.com, Jakarta Dalam masa pertumbuhannya, anak memerlukan stimulasi yang tepat. Ada cara sederhana yang bisa dilakukan orangtua untuk menstimulasi kemampuan otak anak yakni dnegan memperkenalkannya pada kata-kata tertentu. Berikut tiga kata yang diperkenalkan Mommy Syavira Martha dari Babyologist pada buah hatinya.

Mengajak anak untuk aktif berbicara sangatlah penting untuk menstimulasi kemampuan otaknya. Anak akan mendengar, mengingat dan menirukan perkataan yang kita ucapkan. Nah untuk itu kenalkan 3 kata dasar yang penting ini kepada anak sejak dini yuk moms.

Apa saja 3 kata dasar yang harus diajarkan pada anak?

1. Terima kasih atau makasih

Kata sederhana dengan banyak arti. Ajarkan anak mengucapkan terima kasih setelah ia menerima sesuatu atau saat Moms mendapatkan sesuatu darinya. Ucapkan secara berulang dengan gesture yang sepantasnya (dengan senyuman). Jika dilakukan secara konsisten anak akan terbiasa mengucapkannya dengan cara yang sopan dan baik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tolong

2. Please atau tolong

Nah, kata please atau tolong menunjukkan kesungguhan atas bantuan Moms. Biasakan anak mengucapkan please atau tolong saat ia membutuhkan bantuan Moms. Biasanya anak-anak akan merengek jika ia memohon bantuan Moms. Ajarkan pada anak untuk mengucapkan please daripada menangis atau merengek. Pengucapan dilafalkan dengan halus dengan intonasi yang halus. Hal tersebut secara tersirat mengajarkan bahwa anak harus bersabar terlebih dahulu.

3 dari 3 halaman

Salam

3. Salam: assalamualaikum atau halo

Salam juga kata yang penting. Saya mengajarkan ucapan salam (dalam Islam) sejak dini. Dalam agama yang saya anut ucapan assalamualaikum adalah sunnah bagi kaum muslim yang artinya semoga keselamatan terlimpah bagimu. Kata yang syarat makna ini selalu saya ulang-ulang saat hendak masuk atau keluar rumah atau berpisah dengan orang lain. Walaupun kata ini sulit diucapkan bagi anak-anak tetapi hendaklah Moms secara konsisten mengulangnya. Selain mendoakan keselamatan makna salam juga menggambarkan kesopanan. Sehingga nantinya anak tidak langsung "nyelonong" saat bertamu atau sedang berada di tempat umum.

Itu adalah 3 kata penting yang selalu saya ajarkan kepada Lubna dari kecil. Ketiga kata ini belum sempurna dia ucapkan, tugas saya dan suami selalu mengingatkannya untuk mengucapkan kata itu sesuai konteksnya. Gesture juga perlu ditunjukkan saat mengucapkan kata-kata tersebut. Anak akan segera merekam dan menirukannya seperti yang kita ajarkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini