Rutin Minum Secangkir Teh Bagus untuk Otak?

Oleh Melly Febrida pada 20 Okt 2019, 10:00 WIB
Diperbarui 20 Okt 2019, 10:00 WIB
kantung teh

Liputan6.com, Jakarta Minum secangkir teh ternyata bagus untuk otak. Teh yang dimaksud bisa teh apa saja, termasuk teh hijau, teh oolong, atau teh hitam.

Ini terbukti dari penelitian yang diterbitkan dalam jurnal daring Aging. Penelitian dipimpin oleh Asisten profesor Feng Lei dari Departemen Kedokteran Psikologi di NUS Yong Loo Lin School of Medicine bekerja sama dengan University of Essex dan University of Cambridge.

Untuk membuktikannya, para peneliti merekrut sekelompok peserta tua yang sehat dan membaginya menjadi dua kelompok sesuai dengan frekuensi minum teh. Kemudian menyelidiki jaringan otak fungsional dan struktural untuk mengungkapkan peran minum teh pada otak.

Peneliti melihat ada hubungan konektivitas struktural otak sebagai akibat dari sering minum teh, termasuk teh hijau, teh oolong atau teh hitam. Ini berarti wilayah otak yang menjalankan fungsi kognitif saling berhubungan dengan cara yang lebih efektif.

"Sebagai contoh menganalogikan lalu lintas jalan, bayangkan daerah otak sebagai tujuan, sedangkan koneksi antara daerah otak adalah jalan. Ketika sistem jalan lebih teratur, pergerakan kendaraan dan penumpang lebih efisien dan menggunakan lebih sedikit sumber daya. Demikian pula, ketika koneksi antar daerah otak lebih terstruktur, pemrosesan informasi dapat dilakukan lebih efisien, " kata Asisten Profesor Feng seperti dikutip Health24.

Feng menjelaskan, dari penelitian sebelumnya ditemukan peminum teh memiliki fungsi kognitif yang lebih baik ketimbang dengan peminum non-teh. 

"Hasil kami saat ini yang berkaitan dengan jaringan otak secara tidak langsung mendukung temuan kami sebelumnya dengan menunjukkan bahwa efek positif dari minum teh secara teratur adalah menghasilkan peningkatan organisasi otak yang disebabkan oleh mencegah gangguan pada koneksi antar wilayah," ujarnya.

 

 

2 dari 2 halaman

Manfaat lain teh

Selain itu, teh juga masih memiliki banyak manfaat lainnya:

1. Teh mengandung antioksidan kuat yang disebut flavonoid, yang bahkan bisa lebih kuat daripada vitamin C dan E. Ini berarti teh dapat membantu melawan radikal bebas dan peradangan dalam tubuh.

2. Meskipun teh mengandung kafein, minuman ini masih memiliki sifat menghidrasi, minum teh tanpa susu dan gula untuk minuman bebas kilojoule di siang hari.

3. Antioksidan dalam teh juga dapat menurunkan risiko penyakit kronis yang disebabkan oleh kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi.

4. Teh hitam dapat meningkatkan konsentrasi Anda karena asam amino yang disebut L-theanine yang dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk fokus dan waspada.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait