Sukses

Aturan yang Jelas dari Orangtua Bikin Anak Berperilaku Baik

Ciptakan perilaku baik pada anak

Liputan6.com, Jakarta - Seringkali kita mendengar orang berkata, "dia berasal dari keluarga yang baik". Jadi, apa yang membuat 'keluarga baik'? Memiliki peraturan adalah salah satu dasar untuk keluarga yang baik.

"Anak-anak yang tinggal di rumah dengan seperangkat aturan, kemungkinan besar akan terbiasa mengontrol dirinya. Bagaimana bersikap, tahu segala sesuatu akan ada konsekuensinya, memiliki pemikiran panjang dan berusaha menaati aturan demi semua orang," kata Kalpana, seorang psikolog keluarga, seperti dikutip dari MomJunction.

Ketika semua anggota mengikuti aturan, akan membantu mereka menjalani kehidupan yang harmonis, dan juga setiap individu tahu tentang tanggung jawab mereka terhadap yang lain dalam keluarga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terbiasa dengan Aturan

Aturan keluarga juga akan membuat anak terbiasa dengan ritme hidup yang disiplin. Anak tahu tugas dan kewajibannya. Kapan ia harus bangun pagi, menyiapkan seragamnya sendiri, tugas sekolah, tak perlu lagi 'dicereweti' orangtuanya.

"Aturan membantu anak terbiasa bersikap disiplin membuat rutinitas harian berjalan lebih mulus. Hal ini jadi modal anak saat di sekolah dengan aturan ketat, saat berorganisasi, termasuk di lingkungan kerja yang kemudian hari bakal dimasukinya, sehingga tak lagi kaget," ungkap Kalpana.

Anak-anak pun jadi mengerti mana perilaku mana yang 'baik' dan mana yang 'tidak baik'. Mereka akan lebih peka pada keadaan, dan tahu cara bersikap.

Penulis : Muthia Nurgaheni / Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini