Sakit Ginjal Tak Selalu Nyeri Pinggang

Oleh Benedikta Desideria pada 17 Okt 2019, 19:00 WIB
Bagaimana Bedakan Nyeri Pinggang karena Penyakit Ginjal?

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang awam berpikir bahwa ketika muncul nyeri di area pinggang berarti ada masalah pada ginjal. Nyatanya banyak yang sakit pinggang tapi tidak memiliki sakit ginjal seperti disampaikan Ketua Umum Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia (PERHI) Tunggul Situmorang.

"Dan, banyak yang sakit ginjal sama sekali tidak sakit pada pinggang," kata Tunggul saat dalam Gerakan Peduli Hipertensi bersama Bayer di Jakarta Pusat, Kamis (17/10/2019).

Meski begitu ada sakit ginjal yang membuat orang mengalami sakit pinggang yakni batu ginjal. Penyakit ginjal yang satu ini, kata Tunggul, merupakan yang paling mudah diatasi serta bisa sembuh secara total dibandingkan masalah ginjal lain di bidang nefrologi.

"Jadi, di luar itu penyakit ginjal sangat kompleks baik karena hipertensi maupun diabetes," kata Tunggul.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 of 3

Terkait Lokasi Ginjal

Gagal ginjal (iStockphoto)
Gagal ginjal (iStockphoto)

Bukan tanpa sebab masyarakat kerap mengaitkan sakit pinggang dengan penyakit ginjal. Hal ini terkait dengan lokasi ginjal yang berdekatan di pinggang.

"Bentuk ginjal kan seperti kacang buncis, letaknya dekat pinggang, maka itu ginjal juga disebut buah pinggang," jelas Tunggul.

3 of 3

Saksikan juga video menarik berikut:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by