Sukses

Ingin Sehat Saat Tua? Perhatikan Makanan Anda

Pola makan sehari-hari memang menjadi penentu bagi kesehatan tubuh hingga tua nanti.

Liputan6.com, Jakarta Pola makan sehari-hari memang menjadi penentu bagi kesehatan tubuh. Maka penting untuk memperhatikan makanan dan minuman apa yang dikonsumsi.

"Kita harus beralih dari makan untuk foto, menjadi makan untuk sehat. Karena penyakit kardiovaskular menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi, padahal itu semua bisa dicegah," ucap Prof. Ir. Ahmad Sulaeman, pakar gizi dan keamanan pangan Institut Pertanian Bogor Jawa Barat.

Konsep diet sehat bisa dijadikan acuan untuk melakukan aksi terkait pangan. Aksi ini tak hanya berdampak pada kesehatan tubuh, tetapi juga pada bumi di masa depan.

"Orang harus memahami kalau dia makan sembarangan waktu muda, maka masa tuanya ia bisa menderita banyak penyakit," jelas Ahmad dalam acara Jelajah Gizi 2019 bersama Danone Indonesia di Bogor, Jawa Barat.

Salah satu cara mencegah munculnya penyakit akibat pola makan yang buruk dapat dimulai dengan mengubah pola hidup. Seperti dengan memperbaiki pola makan dan melakukan diet sehat.

"Bagaimana cara kita mengonsumsi pangan yang sehat? Kita bisa menerapkan healthy diet dengan mengonsumsi makanan organik," jelas Ahmad.

 

 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perhatikan asupan pangan

Perhatikan asupan panganMenurut Food and Agriculture Organization (FAO), selain diversifikasi pangan, cara produksi, pemasokan, hingga konsumsi makanan harus berubah sesuai dengan kebutuhan healthy diet.

"Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengimplementasikan healthy diet adalah makan dengan kuantitas yang cukup, aman, bergizi, dan beragam," ucap Coorporate Communication Director Danone Indonesia, Arif Mujahidin.

Hal tersebut sangat berkaitan dengan konsep pangan yang yakni gizi seimbang, keamanan pangan, food waste, dan ketahanan pangan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.