Sukses

EVALI, Nama Baru Penyakit Paru Akibat Penggunaan Rokok Elektrik

CDC baru-baru ini memberikan nama pada penyakit paru yang terkait dengan dampak penggunaan rokok elektrik

Liputan6.com, Jakarta Penyakit paru terkait rokok elektrik yang membuat jatuh sakit lebih dari 1.000 orang, serta menelan korban jiwa lebih dari 20 orang di Amerika Serikat baru-baru ini akhirnya diberikan sebuah nama oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

Dalam laporannya di Morbidity and Mortality Weekly Report pada 11 Oktober, CDC menyebut penyakit paru itu sebagai EVALI atau singkatan dari "e-cigarette or vaping product use associated lung injury" yang dalam bahasa Indonesia berarti penyakit paru terkait penggunaan produk rokok elektrik atau vaping.

Dilansir dari People pada Kamis (17/10/2019), para pasien yang mengalami EVALI akan terkena gejala seperti pneumonia yaitu batuk, nyeri dada, dan sesak napas. Di samping itu, gejala lainnya adalah sakit perut, mual, muntah, dan diare disertai demam, rasa dingin, dan penurunan berat badan.

"Semua penyedia layanan kesehatan yang mengevaluasi pasien EVALI harus bertanya tentang penggunaan produk rokok elektrik atau vaping, dan idealnya harus bertanya tentang jenis zat yang digunakan," tulis CDC dalam laporan tersebut.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lebih dari 1.000 Kasus

Laporan CDC juga mengungkapkan, per 8 Oktober, sudah ada 1.299 kasus EVALI yang ditemukan di negeri Paman Sam itu. Dari seluruhnya, ada 26 korban meninggal dunia di 21 negara bagian.

"Sayangnya, lebih banyak orang dirawat di rumah sakit karena penyakit paru setiap minggunya," kata Anne Schuchat, wakil direktur utama CDC dikutip dari Scientific American.

Selain itu, beberapa pasien yang sempat dirawat dan telah dipulangkan karena penyakit tersebut, diketahui kembali ke rumah sakit. Umumnya, hal itu terjadi antara lima sampai 55 hari usai mereka kembali ke rumah.

Schuchat mengatakan belum ada kejelasan mengapa itu bisa terjadi. Beberapa pihak sedang melakukan penyelidikan, salah satunya terkait apakah diakibatkan melemahnya paru-paru karena penyakit atau obat kortikosteroid yang digunakan dalam perawatan. Bisa juga diakibatkan penggunaan rokok elektrik lagi oleh pasien.

3 dari 3 halaman

Penyebab Penyakit Masih Diselidiki

CDC dan Food and Drug Administration sendiri masih kesulitan dalam melakukan investigasi terkait kasus ini sejak penemuan awal. Hal itu dikarenakan banyaknya ragam jenis produk yang tersedia.

Hampil 60 persen pasien menggunakan produk dengan nikotin, sementara 76 persen menggunakan produk berbasis THC atau Tetrahydrocannabinol (senyawa yang terkandung dalam ganja).

"Mungkin ada lebih dari satu penyebab wabah ini," kata kepala FDA Ned Sharpless mencurigai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.