Sukses

Cara Aktris Zaskia Adya Mecca Edukasi Anak Tentang Asma yang Mereka Idap

Selain mengajarkan anak dengan mengubah gaya hidup pada dirinya, Zaskia Adya Mecca juga membiarkan anak belajar dari pengalamannya soal asma yang mereka miliki

Liputan6.com, Jakarta Tiga dari empat anak aktris Zaskia Adya Mecca memiliki kondisi asma. Hal ini tidak hanya membuat istri sutradara Hanung Bramantyo itu mengajari buah hatinya supaya lebih paham dengan masalah tersebut, namun juga membuatnya lebih rajin olahraga dan hidup lebih sehat.

"Sekarang harus kembali ke pola diri kita (orangtua) juga. Sekarang aku sudah berubah, aku lebih ketagihan sama olahraga karena itu penting buat diriku dan aku ingin anak-anak melihat bahwa olahraga bagian dari pola hidup," kata Zaskia Adya Mecca di Jakarta, ditulis Selasa (15/10/2019).

Dalam temu media pada Senin kemarin, ibu 32 tahun ini mengatakan bahwa dirinya juga selalu menjaga makanan yang dikonsumsi oleh anak-anaknya. Menurutnya, peran ibu dalam memberikan asupan pada buah hati sangat penting.

"Karena ibu yang menentukan ke orang di rumah masak apa hari ini," ujarnya. Tentunya, makanan yang diberikan haruslah yang sehat.

Selain itu, dia dan sang suami selalu rajin membawa putra putrinya beraktivitas di luar rumah. Menurutnya, kegiatan yang dilakukan di alam terbuka membuat keluarga mendapatkan udara yang lebih segar

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Biarkan Anak Belajar dari Pengalamannya

Sementara itu, untuk memberikan edukasi dan pemahaman terhadap kondisi asma serta pemicunya, Zaskia tidak melarang anak-anaknya untuk menghindari makanan atau benda-benda yang bisa memicu kondisi itu. Namun, ia membiarkan mereka belajar sendiri mengenai dampak yang terjadi dari apa yang diperbuatnya.

"Aku selalu yakin kalau anak-anak mereka paham. Mereka bisa diajak bicara secara dewasa. Jadi sejak aku tahu apa pemicunya aku sudah bilang, kamu ini alergi A, B, C, tolong kamu hindai," kata pemeran sinetron Kiamat Sudah Dekat ini.

"Ketika dia ingin banget, ya sudah kasih sedikit. Kalau dia kumat, aku bilang, itu efek karena kamu tetap ingin makan apa yang sebenarnya kamu alergi."

Salah satu contohnya adalah pada si sulung Sybil yang memiliki alergi kucing yang parah. Baru-baru ini, Zaskia mengunggah di Instagramnya yang memperlihatkan bahwa buah hatinya itu mengalami pembengkakan di bibirnya.

"Waktu itu dia memaksa ke ulang tahun temannya di kafe kucing. Jadi sudah jelas isinya kucing semua, kubilang kamu alergi lho, tapi dia memaksa. Oke berangkat, pulang-pulang bibirnya gede banget dan dia sesak napas," ungkapnya. Sejak saat itu, sang anak tidak ingin pergi ke tempat itu lagi.

"Jadi ketika anak sudah kena batunya baru dia akan menghindari sendiri."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Zaskia Adya Mecca adalah artis dan pebisnis indonesia, yang merupakan istri dari Sutradara Hanung Bramantyo.
    Zaskia Adya Mecca adalah artis dan pebisnis indonesia, yang merupakan istri dari Sutradara Hanung Bramantyo.

    Zaskia Adya Mecca

  • Asma adalah penyakit jangka panjang pada saluran pernapasan yang ditandai dengan penyempitan dan peradangan saluran napas.

    Asma

  • asma anak