Punya Suami dan Tiga Anak dengan Asma, Zaskia Adya Mecca Ungkap Berbagai Pemicunya

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 15 Okt 2019, 13:00 WIB
[Bintang] Zaskia Adya Mecca

Liputan6.com, Jakarta Guna mencegah kambuhnya asma pada tiga buah hatinya, aktris Zaskia Adya Mecca lebih berhati-hati dalam memilih makanan yang tepat untuk mereka. Apalagi, setelah dirinya mengetahui apa saja yang pantang dikonsumsi bagi anak-anaknya.

Dalam temu media di Jakarta pada Senin kemarin, istri sutradara Hanung Bramantyo ini mengungkapkan bahwa daftar pantangan bagi anak mereka ditempel secara khusus di kulkas. Tidak lupa, ia memberikan pengertian pada buah hatinya tentang hal itu.

"Anak kita kasih pengertian, bahkan Kaba yang usia tiga tahun, dari dua setengah tahun sudah saya kasih pengertian. 'Kamu tuh biar asmanya tidak kumat tidak boleh makan ini, ini, ini. Tidak boleh pegang binatang ini,'" kata Zaskia Adya Mecca, ditulis Selasa (15/10/2019).

"Jadi dia sudah tahu daripada harus minum obat pahit, harus uap sesak napas, lebih baik menghindari. Jangan dipikir anak di bawah tiga tahun tidak pintar, tidak bisa dikasih pengertian," kata ibu dari empat anak ini.

2 of 3

Ungkap Pemicu Asma Anak dan Suami

[Fimela] Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo
(Instagram/zaskiadyamecca)

Mengenai beberapa hal yang bisa membuat asma anak-anaknya kambuh, Zaskia mengungkapkan bahwa ketiga buah hatinya memiliki beberapa pemicu alergi yang harus mereka hindari.

"Kalau Sybil yang paling besar itu (menghindari, -red.) kucing. Dia benar-benar tidak bisa kena kucing, terus dia juga tidak bisa kena permen, terus tidak bisa (makan, -red) makanan ringan, dia tidak bisa," kata Zaskia.

Sementara itu, Kaba, anak ketiganya memiliki pantangan yang sama dengan sang ayah, Hanung.

"Kalau Kaba dia pure (menghindari, -red.) tungau. Sama seperti Mas Hanung. Mas Hanung itu (pemicu alerginya, -red) tungau dan udara yang mendadak berubah jadi dingin. Mas Hanung, kalau udara berubah jadi dingin atau debu sedikit dia pasti kumat asmanya," kata wanita 32 tahun itu.

Selain itu, si bungsu Bhre sesungguhnya belum diketahui pemicu asmanya. Zaskia mengatakan, cek darah untuk anak di bawah usia dua tahun belum tervalidasi.

"Karena imun tubuhnya belum terbentuk secara sempurna. Jadi nanti di atas dua tahun harus cek lagi untuk tahu dia pencetus asmanya apa saja," kata Zaskia.

3 of 3

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by