Sukses

Punya Suami dan Tiga Anak dengan Asma, Zaskia Adya Mecca Ungkap Berbagai Pemicunya

Sejak usia dini, Zaskia Adya Mecca telah memberitahu pada anak-anaknya untuk lebih paham terhadap kondisi asma yang mereka alami dengan menghindari beberapa pemicunya

Liputan6.com, Jakarta Guna mencegah kambuhnya asma pada tiga buah hatinya, aktris Zaskia Adya Mecca lebih berhati-hati dalam memilih makanan yang tepat untuk mereka. Apalagi, setelah dirinya mengetahui apa saja yang pantang dikonsumsi bagi anak-anaknya.

Dalam temu media di Jakarta pada Senin kemarin, istri sutradara Hanung Bramantyo ini mengungkapkan bahwa daftar pantangan bagi anak mereka ditempel secara khusus di kulkas. Tidak lupa, ia memberikan pengertian pada buah hatinya tentang hal itu.

"Anak kita kasih pengertian, bahkan Kaba yang usia tiga tahun, dari dua setengah tahun sudah saya kasih pengertian. 'Kamu tuh biar asmanya tidak kumat tidak boleh makan ini, ini, ini. Tidak boleh pegang binatang ini,'" kata Zaskia Adya Mecca, ditulis Selasa (15/10/2019).

"Jadi dia sudah tahu daripada harus minum obat pahit, harus uap sesak napas, lebih baik menghindari. Jangan dipikir anak di bawah tiga tahun tidak pintar, tidak bisa dikasih pengertian," kata ibu dari empat anak ini.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ungkap Pemicu Asma Anak dan Suami

Mengenai beberapa hal yang bisa membuat asma anak-anaknya kambuh, Zaskia mengungkapkan bahwa ketiga buah hatinya memiliki beberapa pemicu alergi yang harus mereka hindari.

"Kalau Sybil yang paling besar itu (menghindari, -red.) kucing. Dia benar-benar tidak bisa kena kucing, terus dia juga tidak bisa kena permen, terus tidak bisa (makan, -red) makanan ringan, dia tidak bisa," kata Zaskia.

Sementara itu, Kaba, anak ketiganya memiliki pantangan yang sama dengan sang ayah, Hanung.

"Kalau Kaba dia pure (menghindari, -red.) tungau. Sama seperti Mas Hanung. Mas Hanung itu (pemicu alerginya, -red) tungau dan udara yang mendadak berubah jadi dingin. Mas Hanung, kalau udara berubah jadi dingin atau debu sedikit dia pasti kumat asmanya," kata wanita 32 tahun itu.

Selain itu, si bungsu Bhre sesungguhnya belum diketahui pemicu asmanya. Zaskia mengatakan, cek darah untuk anak di bawah usia dua tahun belum tervalidasi.

"Karena imun tubuhnya belum terbentuk secara sempurna. Jadi nanti di atas dua tahun harus cek lagi untuk tahu dia pencetus asmanya apa saja," kata Zaskia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Zaskia Adya Mecca adalah artis dan pebisnis indonesia, yang merupakan istri dari Sutradara Hanung Bramantyo.
    Zaskia Adya Mecca adalah artis dan pebisnis indonesia, yang merupakan istri dari Sutradara Hanung Bramantyo.

    Zaskia Adya Mecca

  • Asma adalah penyakit jangka panjang pada saluran pernapasan yang ditandai dengan penyempitan dan peradangan saluran napas.

    Asma

  • asma anak