Madu hingga Bawang Putih, Ini 5 Bahan Alami untuk Redakan Sakit Tenggorokan

Oleh Benedikta Desideria pada 15 Okt 2019, 08:00 WIB
Madu

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak bahan alami di sekitar kita yang bisa meredakan sakit tenggorokan. Mulai dari madu hingga jeruk nipis.

Rupanya, ada beberapa bahan alami yang disetujui pakar kesehatan untuk mengatasi sakit tenggorokan. Apa saja? Berikut selengkapnya seperti dilansir Good Housekeeping, Selasa (15/10/2019).

1. Madu

Beberapa riset menunjukkan madu efektif menenangkan tenggorokan yang sakit. Menurut pakar memang madu bisa meredakan tenggorokan yang sakit karena senyawa antibakteri di dalamnya.

"Madu mengandung senyawa yang diubah menjadi hidrogen peroksida selain ada senyawa antimikroba lainnya," kata Asisten Direktur UNC Family Medicine, Caroline Roberts.

Namun, wajib diingat bahwa anak kurang dari satu tahun tidak boleh diberi madu karena meningkatkan risiko botulisme. Yakni kondisi keracunan serius yang disebabkan oleh racun dari bakteri Clostridium botulinum.

2. Teh

Bagi Anda yang sering menyesap teh hangat saat tenggorokan terasa tidak nyaman, itu adalah sebuah tindakan yang tepat.

"Ada sejumlah bukti bahwa teh herbal -- seperti akar licorice-- membantu mengatasi rasa sakit, tapi alasannya tidak diketahui dengan pasti," kata Asisten Profesor di UNC Family Medicine, Dana Neutze.

2 of 3

3. Berkumur dengan air garam

Nyeri pada Mulut? Kumur Air Garam Saja! (Alexeysun/Shutterstock)
Nyeri pada Mulut? Kumur Air Garam Saja! (Alexeysun/Shutterstock)

Nenek atau ibu Anda mungkin pernah menyarankan berkumur dengan air garam saat tenggorokan sakit. Siapa sangka ternyata cara benar bisa sedikit membuat tenggorokan jadi lebih nyaman.

"Kumur air garam bisa membantu mengurangi pembengkakan dan menjaga area mulut tetap bersih," kata dokter Monika Jindal.

Caranya pun mudah, masukkan seperempat atau setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Lalu, berkumurlah beberapa kali sehari dengan larutan air garam.

4. Sup ayam

"Sup ayam adalah resep rumahan yang paling sering disarankan ketika sakit tenggorokan," kata Robert.

Belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan manfaat mengonsumsi sup ayam saat sakit. Namun, ada data yang menunjukkan mengonsumsi makanan ini membuat terjadi migrasi neutrofil, yakni komponen di badan yang menyebabkan peradangan di tenggorokan.

5. Bawang putih

Neutze selalu mengandalkan bawang putih ketika sedang radang tenggorokan.

"Meski tak banyak bukti, tapi ada studi kecil yang menunjukkan bawang putih mengandung senyawa antimikroba," kata Neutze.

3 of 3

Saksikan juga video menarik berikut:

Lanjutkan Membaca ↓