Menopause Sebelum Usia 50 Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung?

Oleh Liputan6.comAditya Eka Prawira pada 15 Okt 2019, 06:00 WIB
Wanita Karir

Liputan6.com, Jakarta - Menopause sebelum usia 50 meningkatkan risiko kondisi jantung yang cukup fatal, seperti serangan jantung atau stroke. Menurut studi, semakin dini, semakin besar pula risikonya.

“Perempuan di bawah 40 tahun yang mengalami menopause dini memiliki hampir dua kali lipat risiko terkena kardiovaskular yang cukup fatal sebelum menginjak usia 60. Ini hasil perbandingan dengan perempuan yang mengalami menopause di usia standar, yakni 50 tahun,” kata peneliti studi senior dan profesor di School of Public Health, University of Queensland Australia, Gita Mishra.

Perempuan yang memasuki fase menopause di usia 40-44 memiliki risiko penyakit jantung sebesar 40 persen.

 

2 of 2

Menopause dan Kesehatan Jantung

Penyakit jantung (iStock)
Ilustrasi penyakit jantung (iStockphoto)

Penelitian terdahulu juga menunjukkan adanya hubungan antara kardiovaskular yang cukup fatal dengan menopause dini dan diperkuat oleh rokok, obesitas, dan tingkat pendidikan yang rendah.

Menurut ketua studi dan kandidat kandidat doktor dalam kesehatan masyarakat di University of Queensland Australia, Dongshan Zhu, Temuan ini memiliki implikasi klinis dan kesehatan masyarakat yang signifikan.

“Mengidentifikasi wanita dengan menopause dini membuka kesempatan bagi dokter untuk bekerja bersama pasien dalam memantau dan menangani faktor risikonya. Diagnosis dini bisa meningkatkan kesehatan jantung setelah menopause usai,” kata Dongshan.

Penulis : Selma Vandika

 

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait