Sukses

Sel Kanker Payudara Mati Saat Menyusui

Sel kanker payudara yang bermutasi dapat mati saat wanita menyusui buah hati.

Liputan6.com, Jakarta - Sel kanker payudara yang bermutasi dapat mati saat wanita menyusui buah hati. Terbentuknya mutasi sel kanker ini sejak menstruasi sampai hamil anak pertama.

Seiring usia, jaringan sel pembentuk kelenjar payudara makin bertambah. Tak menutup kemungkinan, munculnya sel kanker yang dipengaruhi hormon estrogen ikut berkembang.

"Wanita yang hamil usia 20-an tahun, sel (kanker payudara) alami mutasi. Saat hamil, payudara membesar. Adanya stimulasi dari hamil, sel kanker payudara bermutasi," jelas peneliti kanker Ahmad R Utomo saat ditemui di kawasan Bogor, Jawa Barat, ditulis Kamis (10/10/2019).

"Selnya mutasi aja. Awalnya, sel kankernya diam. Tapi rangsangan yang terjadi saat hamil membuatnya aktif dan berkembang."

Artinya, sel payudara yang sehat dan sel kanker yang bermutasi kian bertambah selama kehamilan. Kedua sel pun mengumpul di jaringan payudara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kematian Sel Kanker Payudara

Secara alami, sel kanker payudara yang aktif terbentuk saat hamil akan mati tatkala menyusui. Lebih tepatnya, sel kanker mengalami apoptosis (bunuh diri massal).

"Jadi, saat wanita menyusui, terjadi infolusi berupa pengecilan payudara. Tadinya kan saat hamil payudara membesar," ujar Ahmad, yang bekerja di Kalgen InnoLab (Laboratorium PT Kalbe Farma Tbk).

"Pada tahap ini juga terjadi pembersihan massal sel-sel. Sel-sel kanker akan mati."

Sel Kanker Tetap Hidup

Di sisi lain, pembersihan massal sel-sel kanker hanya terjadi pada wanita yang mulai hamil anak pertama pada usia 20-an tahun atau di bawah 35 tahun.

"Kalau wanita baru hamil anak pertama pada usia 35 tahun, sel kanker yang termutasi dalam payudara tetap hidup saat menyusui. Sel-sel kanker bisa berubah menjadi ganas," Ahmad menerangkan.

Hal itu terjadi karena pada usia 35 tahun, gen dari sel kanker sudah menumpuk dan berkembang. Pada akhirnya, sel kanker menjadi resisten (tidak mati sepenuhnya saat menyusui).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini