Sukses

Jaga Kesehatan Penglihatan Meski Gunakan Gawai, Ini Tips Dokter Mata

Berikut ini tips dari dokter mata untuk menjaga penglihatan tetap sehat, meski sering menggunakan gawai

Liputan6.com, Jakarta Menjaga kesehatan mata tentu penting bagi setiap manusia. Namun, pemakaian alat-alat elektronik dengan layar seperti gawai saat ini ditakutkan mempercepat rusaknya organ penglihatan seseorang.

Untuk itu, menghindari penggunaan gawai berlebihan haruslah dihindari. Dokter spesialis mata M. Siddik memberikan strategi agar penglihatan tetap sehat dan mata tidak terus menerus dihadapkan dengan layar.

Dalam temu media di gedung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia, Jakarta, Senin lalu, Siddik meminta para pengguna gawai dan komputer untuk melakukan teknik 20-20-20.

"Jadi setelah 20 menit bekerja, 20 menit istirahat dengan melihat jauh 20 feet (6 meter)," kata Siddik dalam presentasinya terkait Hari Penglihatan Sedunia 2019 yang jatuh setiap 10 Oktober. 

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harus Istirahat dari Layar

Cara lain yang bisa dilakukan adalah setelah bekerja selama 2 jam dengan komputer, lakukan istirahat selama 10 menit dengan melihat jauh hingga jarak pandang 6 meter.

"Karena kalau istirahat 10 menit melihat gawai, itu tidak istirahat," Siddik menambahkan.

Siddik mengatakan, saat ini dikenal sebuah masalah pada mata yang disebut computer vision syndrome. Kondisi itu membuat mata mengalami merah, sakit, perih, dan gatal karena terus menerus terpapar layar.

Selain itu, dia mengatakan bahwa banyak pakar yang menduga bahwa bertambahnya orang yang memiliki masalah mata minus atau miopi, juga terkait dengan meningkatnya penggunaan gawai.

3 dari 3 halaman

10 Tips Cegah Gangguan dari Kemenkes

Dalam edarannya, Kemenkes sendiri merekomendasikan beberapa cara lain untuk mencegah terjadinya gangguan penglihatan serta kebutaan.

  1. Hindari membaca dengan jarak yang terlalu dekat
  2. Membaca di tempat yang terang atau tempat dengan tingkat pencahayaan cukup
  3. Tidak membaca sambil tiduran
  4. Tidak menonton televisi pada jarak yang terlalu dekat
  5. Hindari penggunaan komputer dengan jarak monitor ke mata terlalu dekat
  6. Hindari penggunaan gawai terlalu lama
  7. Lakukkan gerakan atau olahraga mata agar lebih kuat dan elastis
  8. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan diet gizi yang seimbang
  9. Istirahat cukup
  10. Hindari asap rokok

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.