Sukses

Pasien Kanker Perlu Makan Sesering Mungkin

Seperti ini aturan makan untuk pasien kanker

Liputan6.com, Jakarta - Berbeda dengan orang pada umumnya, pasien kanker punya jadwal makan sendiri. Jadwal makannya bukan sebanyak tiga kali, melainkan sesering mungkin dalam sehari.

"Biasanya kita makan tiga kali sehari. Kalau pasien kanker perlu sering makannya. Porsi kecil tapi sering," kata ahli gizi Dedy Hengky Saputra saat memaparkan presentasi 'Malnutrisi pada Pasien Kanker' di Hotel R Rancamaya, Bogor, Jawa Barat, Selasa (8/10/2019).

Setiap kali pasien kanker mau makan, sebaiknya biarkan saja makan. Tidak masalah makan dengan porsi kecil, asalkan sering.

"Setiap kali merasa pengin makan ya silakan saja. Agar asupan nutrisi tetap ada untuk kebutuhan energi," Dedy melanjutkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makan Tidak Terlalu Panas atau Dingin

Ketika makan, suhu makanan perlu diperhatikan. Hindari makan yang terlalu panas atau dingin.

"Efek pengobatan menyebabkan pasien kanker merasa mual. Makanan yang terlalu panas atau dingin justru merangsang mual. Mual bisa muncul," kata pria yang juga sebagai Medical Senior Manager PT Kalbe Farma Tbk.

"Jadi, kalau makan ya (suhunya) sedang-sedang saja. Jangan terlalu panas atau dingin," ujar Dedy.

Menu makanan yang dikonsumsi juga harus bervariasi. Biar pasien kanker tidak bosan memakannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini