Sukses

Saran untuk Pasien Kanker, Minum Obat Sebaiknya dengan Jus Buah

Pasien kanker harus mengganti air putih dengan jus buah saat minum obat

Liputan6.com, Jakarta - Jika biasanya kita minum obat dengan air putih, pasien kanker justru harus menghindarinya. Ahli Gizi Dedy Hengky Saputra, mengatakan, lantaran air putih tidak memiliki kalori sama sekali.

Menurut Dedy, pasien kanker membutuhkan kalori sebagai sumber energi. Asupan makanan dan minumannya pun harus mendukung kehadiran kalori.

Saat memaparkan presentasi Malnutrisi pada Pasien Kanker di Bogor, Jawa Barat pada Selasa, 8 Oktober 2019, Dedy justru menyarankan pasien kanker minum obat dengan jus buah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jus BUah untuk Pasien Kanker

Tentu saja dengan jus buah yang dibuat sendiri, tanpa tambahan gula. Beberapa jus buah yang dia rekomendasi di antaranya jus pepaya dan mangga.

"Yang paling utama, kita butuh kalorinya. Pasien kanker bisa minum obat dengan jus pepaya dan mangga," kata Dedy yang juga sebagai Medical Senior Manager PT Kalbe Farma Tbk.

Di sisi lain, pilihan jus buah harus menghindari buah-buah yang asam, seperti jeruk bali dan sirsak

"Buah-buahan yang asam itu akan memengaruhi metabolisme obat kanker. Pada akhirnya, obat kanker yang diminum tidak bekerja efektif," kata Medical Manager PT Kalbe Farma Tbk Hastarita Lawrentia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini