6 Cara Rapikan Rambut Kemaluan di Sekitar Penis

Oleh Melly Febrida pada 09 Okt 2019, 23:00 WIB
Rambut kemaluan (Foto: iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pria menganggap tak perlu memangkas rambut yang tumbuh di sekitar penis-nya. Akan tetapi beberapa orang pria lainnya ingin menghilangkannya dengan alasan penampilan. Anda termasuk yang mana?

Stacy Sampson, DO, dokter keluarga bersertifikat menjelaskan rambut kemaluan pada pria biasanya tumbuh di daerah antara pusar dan penis, tetapi juga bisa berkembang pada penis dan testis. Rambut ini sebenarnya tidak memengarugi fungsi seksual seseorang.

"Ada banyak cara untuk menghilangkan rambut kemaluan di sekitar penis, dari mencukur atau waxing hingga laser removal dan elektrolisis," kata Sampson seperti dikutip Medical News Today pada Rabu, 9 Oktober 2019.

Berikut beberapa cara mengelola pertumbuhan rambut kemaluan, baik di rumah atau dengan perawatan profesional:

 

2 of 4

Merapikan Rambut Kemaluan di Penis

Ilustrasi bulu kemaluan (iStockphoto)
Ilustrasi bulu kemaluan (iStockphoto)

1. Pangkas

Sampson mengatakan pemangkasan ini termasuk metode termudah untuk menjaga pertumbuhan rambut kemaluan tetap terkendali. Memotong ujung rambut bisa mengurangi risiko rambut tumbuh ke dalam dan komplikasi lain yang bisa timbul dari pencabutan atau waxing.

Untuk memangkas, Sampson menyarankan menggunakan gunting tajam atau gunting rambut. Berhati-hatilah saat memotong rambut di sekitar penis atau skrotum untuk menghindari torehan dan luka.

Menurutnya, pria cenderung melukai dirinya ketika memangkas sambil berdiri ketimbang berbaring.

"Kebanyakan pria hanya perlu memotong sekali atau dua kali seminggu untuk mempertahankan panjangnya," katanya.

2. Mencabut

Pria yang hanya memiliki sedikit rambut kemaluan pada penisnya mungkin lebih suka untuk mencabutnya.

"Hindari mencabut rambut terlalu kuat karena dapat merusak kulit, menyebabkan peradangan, dan meningkatkan risiko infeksi."

 

3 of 4

Cukur Rambut Kemaluan

Anak pemalu (iStockphoto)
Anak pemalu (iStockphoto)

3. Cukur

Mencukur adalah salah satu metode penghilangan rambut di rumah yang paling sederhana, terutama ketika berurusan rambut yang agak lebat. Anda bisa menggunakan gel atau krim cukur ke area kulit di sekitar rambut.

"Penting untuk memilih krim yang khusus untuk daerah kemaluan karena ini cocok untuk kulit yang lebih halus," katanya.

Sampson mengatakan, dengan menggunakan teknik cukur yang tepat bisa membantu seseorang terhindar dari kondisi seperti rambut tumbuh ke dalam dan folikulitis, yang merupakan peradangan pada folikel rambut.

4. Waxing

Waxing adalah cara yang efektif untuk menghilangkan banyak rambut sekaligus. Hasilnya cenderung bertahan selama beberapa minggu. Namun, waxing bisa menyakitkan, terutama pada kulit penis yang halus.

Pria bisa waxing rambut kemaluan di rumah atau pergi ke salon agar seorang profesional melakukan waxing di wilayah tersebut.

"Jika waxing di rumah, pria harus mempertimbangkan menguji lilin pada sepetak kecil kulit terlebih dahulu untuk memastikan tidak terjadinya reaksi alergi atau iritasi," kata Sampson.

 

4 of 4

Rambut Kemaluan di Penis

Ilustrasi remaja muda malu (iStockphoto)
Ilustrasi remaja muda malu (iStockphoto)

5. Laser hair removal

Laser hair removal merupakan metode menghilangkan rambut secara permanen. Seorang dokter, seperti dokter kulit atau ahli bedah plastik, akan melakukan prosedur untuk menghilangkan rambut, dengan memfokuskan laser pada folikel rambut untuk menghancurkan folikel dengan panas. Ini berarti rambut tidak bisa tumbuh kembali.

6. Elektrolisa

Elektrolisis melibatkan penggunaan alat epilator, yang menggunakan frekuensi radio gelombang pendek untuk merusak folikel rambut. Frekuensi berjalan melalui probe jarum ke folikel rambut.

Sampson mengatakan, probe elektrolisis ini hanya memperlakukan satu folikel rambut pada suatu waktu. Namun, hasilnya cenderung permanen, dan mungkin lebih hemat biaya ketimbang laser.

Lanjutkan Membaca ↓