Berlatih Tai Chi, Salah Satu Cara Bantu Berhenti Merokok

Oleh Liputan6.com pada 08 Okt 2019, 14:00 WIB
Berhenti Merokok

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak alasan seseorang memilih berhenti merokok. Mulai dari aspek kesehatan hingga hal pribadi membuat orang tidak lagi mengisap tembakau.

Namun, saat mencoba berhenti merokok kadang tidak sesuai harapan. Ada banyak tantangan di dalamnya. Bila Anda termasuk yang sedang berusaha berhenti merokok berikut beberapa cara untuk membantu mensukseskannya seperti dikutip Medical News Today. Salah satunya berlatih Tai Chi. 

 

1. Terapi pengganti nikotin (Nicotine replacement therapy/NRT)

Nikotin dalam rokok memiliki sifat adiktif, itulah sebabnya orang akan merasa sulit berhenti dari merokok. 

Cara ini dapat membantu dalam meringankan gejala kecanduan rokok seperti kecanduan yang hebat, mual, kesemutan tangan , dan kaki, sulit tidur, perubahan suasana hati dan kesulitan konsentrasi.

 

2 of 3

2. Berlatih Tai Chi

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh dengan Tai Chi (May Chanikran/shutterstock)
Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh dengan Tai Chi (May Chanikran/shutterstock)

Sebuah studi dalam Journal of Addiction and Therapy menyarankan untuk berlatih Tai Chi tiga kali dalam seminggu, merupakan cara yang efektif untuk membantu seseorang berhenti merokok. Kelebihan lain yang ditawarkan dari teknik ini dapat meningkatkan tekanan darah dan mengurangi stres.

Latihan yang mengembangkan pikiran serta tubuh seperti yoga dan meditasi.

3. Vitamin B dan C

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa perokok umumnya memiliki konsentrasi vitamin B dan C yang lebih rendah dibandingkan dengan bukan perokok. Mereka yang kecanduan merokok umumnya mengaitkan stres dengan hasrat dalam merokok.

Oleh sebab itu bagi mereka yang ingin mencoba berhenti merokok dengan konsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin B sebab suplemen ini dikenal sebagai anti-stres dan mereka dapat menyeimbangkan suasana hati seseorang.

Begitu juga dengan vitamin C yang dianggap sebagai antioksidan kuat dapat membantu melindungi paru- paru dari stres oksidatif akibat asap rokok. Jadi suplemen ini dapat membantu Anda ketika mulai berhenti merokok.

 

Penulis : Eflien Anggelien

3 of 3

Saksikan juga video menarik berikut:

Lanjutkan Membaca ↓