Sukses

Sarapan Pakai Es Krim Tingkatkan Kerja Otak, Apa Iya?

Makan es krim dan minum air dingin mampu 'bangunkan' otak.

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang bingung sarapan dengan menu pagi di pagi ini, pernah terpikir menu es krim? Peneliti asal Jepang mengungkapkan makan es krim di pagi hari berpengaruh terhadap kinerja otak dan kesehatan mental.

Peneliti dari Kyorin University Tokyo melakukan studi terhadap efek sarapan dengan es krim. Rupanya, sarapan es krim mampu 'membangunkan' otak terutama saat dikonsumsi setelah bangun tidur. Otak akan kaget dan langsung bekerja aktif setelah gigitan pertama es krim masuk dalam mulutmu.

Makanan dingin ini juga meningkatkan kapasitas mental seseorang. Jadi, mengonsumsi es krim setelah bangun tidur bisa meningkatkan kerja otak dan kesehatan mental seperti dilansir Times of India.

Peneliti juga melakukan beberapa percobaan untuk memberikan bukti tersebut. Mereka membagi kelompok objek penelitian ke dalam dua bagian. Satu kelompok partisipan diberi es krim setelah bangun di pagi hari. Sedangkan kelompok lainnya tidak diberi.

Hasilnya, partisipan yang menyantap es krim saat bangun di pagi hari cenderung memiliki performa dan kondisi mental lebih baik sepanjang hari daripada yang tidak diberi es krim.

 

 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Efek Serupa pada Air Dingin

Penelitian ini ditantang beberapa orang yang mengatakan jika hal itu terjadi karena efek dingin dari es krim. Sehingga membuat otak terkejut dan menjadi waspada secara mental.

Para peneliti melakukan percobaan lain, kali ini dengan air dingin. Setelah tes, ternyata partisipan yang diberi air dingin setelah bangun tidur juga tampil lebih baik tetapi tidak sebanyak yang diberikan es krim.

Meski hasil penelitian menunjukan bukti orang yang sarapan es krim cenderung lebih cepat terangsang otaknya, Anda tetap harus memperhatikan kadar gula pada es krim yang dikonsumsi. Jangan lupakan juga konsep diet seimbang dalam asupan sehari-hari. 

 

Penulis: Cynthia Amanda Male/Dream.co.id

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.