Vokalis James Hetfield Masuk Rehabilitasi karena Kecanduan, Metallica Tunda Tur

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 02 Okt 2019, 21:00 WIB
Diperbarui 04 Okt 2019, 19:13 WIB
Metallica

Liputan6.com, Jakarta - Grup band Metallica terpaksa menunda turnya di Australia dan Selandia Baru usai vokalis sekaligus gitaris mereka, James Hetfield direhabilitasi karena masalah kecanduan.

Dalam sebuah pernyataan resminya, Metallica menuliskan bahwa sudah bukan rahasia lagi jika James telah berjuang dengan masalah kecanduan selama bertahun-tahun.

"Sayangnya, dia sekarang harus masuk kembali ke program perawatan untuk memperbaiki kesembuhannya lagi," tulis band dikenal dengan lagu "Enter Sandman"-nya itu seperti dikutip dari Variety pada Rabu (2/10/2019).

Walau tidak diketahui masalah kecanduan apa yang dialami oleh Hetfield, namun diketahui bahwa pria 56 tahun itu kerap menjalani perawatan kecanduan alkohol selama bertahun-tahun. Kisahnya juga sempat diangkat dalam dokumenter band itu yang berjudul "Some Kind of Monster" dan dirilis 2004.

Tur tersebut awalnya dijadwalkan akan dimulai di Perth, Australia pada 17 Oktober dan berakhir pada 2 November di Auckland, Selandia Baru.

2 of 3

Sudah Lakukan Perawatan Sejak 2001

Metallica
Gitaris Metallica Kirk Hammett (kiri) dan Vokalis James Hetfield saat tampil di Festival d'ete de Quebec di Quebec City, Kanada (14/7). Ribuan penonton terhibur dengan aksi panggung band metal tersebut. (Photo by Amy Harris/Invision/AP)

Dilaporkan Stuff, Hetfield terakhir kali membicarakan soal masalah kecanduannya di tahun 2017. Dia mengungkapkan dalam podcast The Joe Rogan Experience bahwa ia sudah mengalami rehabilitasi sejak 2001.

"Ketakutan adalah motivator besar bagi saya," kata pria tiga anak itu.

"Kehilangan keluarga saya, itu adalah hal yang sangat membuat saya takut," ujarnya. Dia bahkan menceritakan sempat diusir dari rumah oleh sang istri dan tidak menginginkan kejadian itu lagi.

Di tahun 2002, Hetfield menulis dalam laman bandnya bahwa pemulihan merupakan hal yang paling sulit sekaligus menantang baginya, di samping menjadi orangtua.

"Itu juhga hadiah paling mendasar dan memuaskan yang pernah saya terima, bersama menjadi orangtua," katanya pada waktu itu.

3 of 3

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓