Sukses

Selain Hamil, Ini 5 Penyebab Puting Payudara Berwarna Lebih Gelap

Sebagian besar penyebab puting payudara berwarna gelap merupakan hal yang tidak perlu dikhawatirkan.

Liputan6.com, Jakarta Ada beberapa kondisi yang membuat areola dan puting payudara berwarna lebih gelap. Salah satu yang sudah diketahui karena kehamilan.

Pada beberapa kasus, perubahan warna pada puting payudara tidak perlu dikhawatirkan. Seperti dilansir dari Medical News Today, berikut sejumlah hal yang mengakibatkan puting berubah warna menjadi lebih gelap.

1. Kontrasepsi

Kontrasepsi yang diminum bisa mengakibatkan perubahan hormon dalam tubuh. Hal ini bisa menjadi penyebab puting payudara tampak lebih gelap.

Pil KB memiliki kandungan sintetis dari hormon estrogen dan progeteron. Hal ini menimbulkan dampak yang sama dengan perubahan hormonal sehingga warna puting menjadi lebih gelap. Hal ini bisa menghilang usai kamu berhenti mengonsumsi pil KB ini.

2. Pubertas

Tingkat estrogen seseorang bakal meningkat drastis pada masa pubertas. Meningkatnya estrogen secara drastis menyebabkan pertumbuhan pada payudara.

Selain pada perubahan ukuran payudara, warna pada puting juga bisa berubah. Warna puting bakal lebih gelap saat pubertas. 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Menyusui

Ketika menyusui, warna puting juga bakal menjadi gelap karena produksi Air Susu Ibu (ASI). Perubahan warna ini juga dipercaya bisa membantu bayi lebih mudah menemukan sumber makanan mereka.

Perubahan hormonal pada ibu menyusui juga menjadi alasan dari perubahan warna puting ini. Usai ASI berhenti diproduksi, warna puting bakal kembali seperti sedia kala.

4. Menstruasi

Menstruasi merupakan bagian alami dari siklus reproduksi. Ovarium bersiap melepas telur untuk kesuburan selama siklus ini. Hal ini bisa menyebabkan sejumlah perubahan pada tubuh.

Selama masa ovulasi, payudara bakal mengalami perubahan. Selain payudara yang menjadi lebih lembut, puting payudara juga bisa menjadi lebih gelap.

5. Kanker

Penyebab terakhir ini merupakan yang perlu diwaspadai dibanding lainnya. Penyakit Paget merupakan kanker yang terjadi pada bagian puting.

Salah satu gejala dari penyakit ini adalah perubahan warna yang terjadi di sekitar puting. Jika perubahan warna puting ini terjadi tanpa sejumlah kondisi lain seperti di atas, maka kamu perlu berkonsultasi dengan dokter.

 

Penulis: Rizky Wahyu/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.