Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Penis Tidak Ereksi di Pagi Hari Tak Perlu Khawatir?

Apakah penis harus selalu ereksi di pagi hari?

Liputan6.com, Jakarta - Meski bisa bikin khawatir, tetapi penis yang tidak ereksi pada pagi hari bisa disebabkan faktor lain yang tidak berbahaya.

Umumnya, pria mengalami ereksi saat bangun tidur di pagi hari. Namun jika tiba-tiba ereksi tidak terjadi, apakah kondisi tersebut menandakan gejala penyakit tertentu?

Ereksi pada pagi hari, disebut sebagai nocturnal penile tumescence (NPT), menandakan aliran pembuluh darah ke penis berjalan lancar. Namun jika saat bangun tidur penis tak ikut “bangun”, tentunya bisa bikin ketar-ketir.

Berdasaran penjelasan dari dr. Fiona Amelia, MPH, juga dari KlikDokter, jika suatu pagi Anda tidak mengalami NPT, ini mungkin dikarenakan Anda tidak terbangun dalam fase REM.

“Ereksi penis terjadi pada fase tidur REM, di mana otak dan sistem tubuh sedang aktif, termasuk sistem persarafan penis. Inilah yang kemudian membuat penis ereksi. Nah, fase tidur REM kerap terjadi sesaat sebelum bangun tidur. Jadi jika Anda tidak terbangun dalam fase REM ini, maka wajar jika penis tidak ereksi,” kata dr. Fiona menjelaskan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penis Harus Selalu Ereksi?

Kesimpulannya, tidak mengalami ereksi di pagi hari tak perlu selalu dikhawatirkan. Meskipun begitu, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter jika kondisi tersebut frekuensinya makin sering atau sudah berlangsung lama. Tak perlu ragu apalagi malu, karena pemeriksaan dokter bisa mendeteksi bila ada kelainan atau penyakit yang mendasari, sehingga bisa diatasi sesuai penyebabnya.

Penulis : Tamara Anastasia / Klik Dokter

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini