Sukses

Sekolah Indonesia di Meksiko, Bukti Nyata Persahabatan Dua Negara

Sekolah Indonesia di Meksiko termasuk hasil kerjasama dan bukti nyata persahabatan dua negara.

Liputan6.com, Meksiko Sekolah Indonesia di Meksiko merupakan hasil kerja sama Indonesia - Meksiko, yang menjadi bukti nyata persahabatan kedua negara. Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Puan Maharani saat berkunjung ke sana pada Kamis, 26 September 2019.

Puan mengunjungi Sekolah Indonesia Meksiko yang bernama La Escuela Republica de Indonesia di Tacuba, Meksiko. Sekolah tersebut diresmikan Soekarno pada 1959 silam. Di Indonesia, juga berdiri Sekolah Dasar Republik Meksiko yang berada di Kebayoran Baru, Jakarta.

 

"Berdirinya sekolah dasar La Escuela Republica de Indonesia dan Sekolah Dasar Republik Meksiko menjadi bukti nyata tanda persahabatan kedua negara," ujar Puan dalam rangkaian kunjungan kerja di Meksiko, sesuai keterangan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, Jumat (27/9/2019).

Selain sekolah dasar La Escuela Republica de Indonesia, ada dua sekolah Indonesia lain di Meksiko, yaitu Escuela de la Republica de Indonesia di Itzapalapa dan Colegio Indonesia di Coacalco.

Pada kunjungan ke tiga sekolah Indonesia di Meksiko, Puan sempat menghadiahkan buku cerita rakyat dan buku tentang Indonesia. Sebanyak 120 buku pun dibagikan kepada tiga sekolah Indonesia yang ada di Meksiko tersebut.

 

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rasa Ingin Tahu tentang Indonesia

Menko Puan didampingi Duta Besar Indonesia untuk Meksiko beserta jajaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI juga meresmikan ruang audio visual di sekolah La Escuela Republica de Indonesia. Ruang audio visual termasuk sumbangan dari beberapa anggota DPR RI yang pernah berkunjung ke Meksiko beberapa waktu lalu.

“Kami berharap sekolah ini mampu menjadi gudang informasi para siswa yang memiliki rasa ingin tahu tentang Indonesia,” ujar Puan.

Puan juga mengusulkan pengiriman guru Bahasa Asing bagi Penutur Asing (BIPA) ke ketiga sekolah Indonesia di Meksiko.

“Agar para guru dan siswa bisa berbahasa Indonesia. Kelak mereka semakin tertarik mengenal jauh negeri indah di khatulisiwa ini,” tandasnya.

Puan juga sangat mengapreasiasi kepala sekolah, pengurus sekolah dan para guru La Escuela Republica de Indonesia di Tacuba, yang senantiasa mempertahankan persahabatan kedua negara. Upaya itu diwujudkan melalui berbagai kegiatan pendidikan dan kebudayaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.